TEMBILAHAN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Inhil, Riau akan menjadikan Desa Sungai Dusun, Kecamatan Batang Tuaka, sebagai Kampung KB, pencangan itu akan dilaksanakan pada akhir April tahun ini.

Dipilihnya Desa Sungai Dusun menjadi kampungnya KB, dijelaskan Kepala BP3AKB Inhil, R Rida Indaryanti dikarenakan banyaknya PUS (Pasangan Usia Subur) di tempat tersebut.

''Pencapaian KB di sana rendah, sedangkan PUS tinggi, selain itu, Desa Sungai Dusun juga masih perlu penataan diberbagai sektor,'' sebut Rida kepada GoRiau.com, Kamis (14/4/2016).

Pencanangan Kampung KB ini sendiri, dijelaskannya sebagai tindak lanjut instruksi dari Presiden RI agar di seluruh Indonesia direalisasikan Kampung KB.

Menurutnya, langkah ini sebagai salah satu program inovasi dalam upaya menggalakkan kembali program KB. ''Kampung KB merupakan salah satu program revolusi mental berbasis keluarga untuk membangun karakter bangsa Indonesia,'' lanjutnya.

Ia berharap, dengan adanya Kampung KB, manfaat dari program KB dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, terutama di daerah dengan kategori miskin, padat penduduk dan terpencil.

''Jika pencangan Kampung KB bisa dilaksanakan, kita optimis program KB kembali bisa berjalan optimal. Sebab esensi dari Kampung KB ini adalah menggerakkan partisipasi seluruh masyarakat untuk ikut menyukseskan program KB,'' tukas R Rida.(*/ayu)