PEKANBARU – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Riau hanya tinggal 3 bulan lagi, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kuansing Dedy Sambudi mengatakan, sejauh ini persiapan tuan rumah Porprov X Riau sudah mencapai 85 persen.

Menurutnya, sejumlah pembangunan venue yang belum selesai hanya tinggal finishing atau penyelesaian tahap akhir.

"Persiapan sudah 85 persen, venue tinggal finishing saja, dan tinggal fasilitas pendukung seperti MCK," ujar Dedy, Jumat (12/8/2022).

Sebelumnya Chef Demission Meeting (CDM) Porprov X Riau 2022 resmi dibuka Sekdakab Kuansing Dedy Sambudi di Pendopo Kediaman Bupati Kuansing, Kamis (11/8/2022) malam.

Secara keseluruhan Kabupaten Kuansing sebagai tuan rumah siap menyelenggarakan Porprov X Riau. Hanya saja, ada dua cabor yang dipertandingkan pada Porprov X Riau harus dilaksanakan di Kota Pekanbaru.

Dua cabor itu yakni panjat tebing dan renang. Pasalnya, dua cabor tersebut belum memiliki venue di Kabupaten Kuansing. Karena itu, dua cabor itu rencananya akan dipertandingkan di venue milik Provinsi Riau yang ada di Kota Pekanbaru.

Segala sesuatu masih bisa dirubah, hal ini juga diakui oleh Dedy Sambudi. Dan keputusan akan diambil dalam rapat CDM pada hari ini, Jumat (12/8/2022). Selain itu dalam rapat CDM ini juga akan dibahas terkait entry by number, entry by name, serta nomor-nomor yang dipertandingkan pada Porprov X Riau nanti.

"Besok sudah harus kita diputuskan, semuanya harus clear besok, apakah dilaksanakan atau tidak. Tapi saya optimis dilaksanakan," pungkasnya

Rapat CDM ini dihadiri oleh Wakil Ketua I KONI Roau Burhanuddin dan juga Wakil Ketua II KONI Riau Sanusi Anwar, Sekretaris Umum (Sekum) KONI Riau Syarif Rahman serta beberapa jajaran KONI Riau lainnya.

Burhanuddin menuturkan tujuan dari CDM ini adalah memberikan kesempatan kepada PB Porprov X Riau untuk menyampaikan segala persiapan yang telah dilakukan.

"Dalam CDM ini, kami KONI Riau menjembatani antara KONI kabupaten/kota dengan tuan rumah Porprov X Riau. Penetapan yang paling penting adalah menetapkan entry by number dan entry by name. Dan kita harapkan pelaksanaan Porprov X Riau tidak ada pergeseran jadwal," bebernya.

Lanjut pria yang akrab disapa Boy ini pada Porprov X Riau di Kuansing ini mempertandingkan 27 cabor. Dari cabor tersebut mempertandingkan 375 nomor atau perebutkan 375 medali emas.

"Jumlah nomor pertandingan yang akan dipertandingkan ditetapkan pada CDM besok. Tidak ada perubahan nomor yang dipertandingkan di Porprov X Riau," pungkasnya. ***