PEKANBARU, GORIAU.COM -Jajaran Direktorat Polisi Perairan Daerah Provinsi Riau melakukan upaya antisipasi teradinya kecelakaan lalu lintas di perairan dengan melakukan operasi rutin. Biasanya, saat musim mudik Idul Fitri, arus lalu lintas kapal di perairan meningkat tajam.

"Siaga Lebaran ini merupakan operasi rutin tahunan untuk mangantisipasi terjadinya laka laut (kecelakaan pada armada kapal)," kata Direktur Ditpolair Polda Riau Kombes Pol Lukas Gunawan, Minggu (4/8/2013).

Formasi pengamanan untuk jalur laut menurut dia terbagi dalam beberapa rayon, mulai dari rayon Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, hingga rayon Kuala gaung, Kabupaten Indragiri Hilir.

Dalam operasi perairan ini, demikian Lukas, dilibatkan seluruh jajaran Polair yang berada di masing-masing pos jaga yang ada di berbagai wilayah perairan pada Provinsi Riau. "Fasilitas yang digunakan sama seperti operasi-operasi biasanya, yakni kapal patroli ada sekitar enam unit dan beberapa perangkat operasi lainnya," kata Lukas.

Operasi pengamanan perairan tersebut diakuinya juga turut melibatkan perangkat pemerintah di masing-masing daerah termasuk juga Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut.

Lukas mengimbau agar para pelaku usaha jasa transportasi laut untuk senantiasa mengutamakan keselamatan penumpang dengan melengkapi segala fasilitas, mulai dari pelampung dan rambu-rambut darurat.

"Perusahaan-perusahaan ini juga kami mintas untuk melengkapi administrasinya di pihak petugas Administrator Pelabuhan (Adpel)," katanya.

Menurut Lukas, sejak H-6 hingga H-4 saat ini, aktivitas perairan telah mulai meningkat khususnya untuk jalur Riau-Kepulauan Riau.(fzr)