PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Kabut asap yang semakin meluas dan mengganggu di Pangkalan Kerinci beberapa pekan terakhir mendapat respon serius dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dengan melakukan aksi preventif membagikan ribuan masker gratis kepada warga dan anak-anak sekolah, Rabu (5/2/2014).

Pembagian masker ini dimulai dari kawasan Riau Komplek, yakni pos-pos keamanan, sekolah Global Andalan dan Taruna Andalan serta masyarakat sekitar. Superintendent Loss, Prevention & Control (LP&C) PT RAPP, Mispan, mengatakan, aksi ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap polusi udara yang semakin tidak kondusif.

"Ribuan masker yang kita bagikan setidaknya bisa meminimalkan terjadinya berbagai macam penyakit yang akan menghinggapi masyarakat dan anak-anak," kata Mispan.

Tim juga membagikan masker kepada karyawan dan warga Riau Komplek yang beraktifitas di lingkungan perusahaan. Wakil Kepala Sekolah SD Taruna Andalan, Susilo, mengaku cukup mengkhawatirkan kabut asap yang terjadi saat ini, karena dampaknya sangat mengganggu proses belajar-mengajar di sekolah.

"Kami khawatir, apalagi anak-anak yang rentan terkena asap ini. Inisiatif dari RAPP ini perlu diapresiasi mengingat ada upaya dari perusahaan untuk mengantisipasi timbulnya berbagai penyakit untuk anak-anak sekolah," ujar Susilo.

Sementara itu, Dokter PT RAPP, Dr. Triadi, mengatakan, saat ini kondisi kabut asap sudah mulai mengganggu. "Kita menghimbau kepada warga dan karyawan agar menggunakan masker selama berada di luar rumah guna mengurangi berbagai efek yang akan ditimbulkan dari kabut asap," himbaunya.(***)