PEKANBARU, GORIAU.COM - Dalam rangka mengejar target pengelolaan yang lebih baik sejak dini, khususnya sejak di bangku sekolah. Pemko Pekanbaru sudah mempersiapkan sedikitnya lima sekolah terbaik untuk bertarung memperebutkan Piala maupun piagam Adiwiyata sebagai supremasi keberhasilan pengelolaan lingkungan di sekolah.

Kesiapan sekolah-sekolah juga dilakukan dengan sosialisasi Program Adiwiyata khususnya dalam menyusun agenda dan rencana pengelolaan lingkungan, yang diikuti seluruh sekolah di Pekanbaru, Selasa (4/11/2014) di Hotel Tjokro Pekanbaru. Sosialisasi dibuka langsung oleh Walikota Pekanbaru, H Firdaus, ST MT dan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Kepala Pusat Pengelolaan Ekoregional wilayah Sumatera, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Pekanbaru dan para Kepala Sekolah se-Kota Pekanbaru.

Dalam pidatonya, walikota menyampaikan hendaknya kepada para kepala sekolah dan dinas yang terkait dalam program Adiwiyata ini bukan piala atau piagam yang menjadi pokok prioritas utama tetapi hendaknya seluruh sekolah se-Kota Pekanbaru dapat merencanakan kegiatan-kegiatan untuk membangun generasi muda terencana dan generasi emas bangsa indonesia khususnya kota Pekanbaru yang cerdas, religius dan mencintai lingkungannya demi terwujudnya kota Pekanbaru menjadi kota metropolitan dan madani.

''Saat ini ada lima calon sekolah yang diajukan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat nasional oleh Pemko Pekanbaru diantaranya, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 148 Pekanbaru, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 20 Pekanbaru, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Pekanbaru, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Pekanbaru dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pekanbaru. Program Adiwiyata ini bertujuan untuk menciptakan sekolah yang berbudaya lingkungan dan membentuk generasi yang cerdas dan sehat serta terwujutnya masyarakat yang madani,'' tutupnya. (rls)