PEKANBARU - Rumah Sakit Dr. Sukirman Lanud Roesmin Nurjadin bantu Pemerintah Daerah Pekanbaru, dalam kegiatan percepatan vaksinasi Covid-19 terhadap warga di Pekanbaru.

Membantu upaya percepatan vaksinasi untuk masyarakat Kota Pekanbaru, Rumah Sakit Dr. Sukiman Lanud Roesmin Nurjadin, turut melaksanakan kegiatan vaksinasi.

Kegiatan vaksinasi itu dilakukan oleh petugas kesehatan RS Dr. Sukiman di beberapa tempat di Kota Pekanbaru, seperti di Hotel Furaya, Novotel dan Mall SKA.

Kepala RS Dr. Sukirman Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Mayor Kes Dr. Irwan Janu Sucipta mengatakan, vaksinasi dilakukan untuk mengatasi lonjakan kasus Covid-19 yang membutuhkan langkah cepat agar kasusnya semakin menurun.

Sebab, Kota Pekanbaru saat ini masuk dalam katagori zona orange Covid-19, sedangkan wilayah kecamatan, ada empat yang masuk zona merah yakni, Marpoyan Damai, Rumbai, Rumbai Timur, dan Tenanan Raya.

Meskipun sudah divaksinasi, Irawan mengimbau masyarakat agar tidak menjadi lengah dan bertindak gegabah, karena vaksin tidak menjamin untuk terbebas dari virus Covid-19.

“Program vaksinasi untuk pembentukan kekebalan komunitas (herd immunity). Kita tidak bisa menjamin setelah diberikan Vaksin bebas dari Covid-19, apalagi apabila seseorang tidak mampu menjaga imun atau tidak disiplin dalam menjalankan Prokes,” kata Irawan Janu, kepada GoRiau.Com, Jumat (18/6/2021).

Irwan Janu meminta agar masyarakat jangan percaya informasi hoax terkait Covid-19, tetaplah melakukan antisipasi dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan, agar terhindar dari Covid-19.

"Alhamdulillah untuk RS.dr .Sukirman telah melakukan langkah-langkah pencegahan seperti, penyemprotan disinfektan dilingkungan Lanud Rsn maupun warga lainya, melaksanakan vaksinasi dan mensosialisasikan protokol kesehata, dan lain sebagainya,” ungkap Irawan Janu.

Terakhir kata Janu Irawan, RS AU dr. Sukirman Lanud Roesmin Nurjadin akan selalu membantu program pemerintah khususnya Pemerintah Provinsi Riau, terutama dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, agar terwujudnya masyarakat yang sehat dan sejahtera. ***