PEKANBARU – Ketua Bawaslu Provinsi Riau Alnofrizal meminta masyarakat berperan melakukan pengawasan tahapan Pemilu 2024 yang saat ini sudah mulai.

Karena komisioner Bawaslu Provinsi Riau hanya empat orang, dibantu beberapa staf menurut Alnov, jumlah ini tidak akan cukup mengawal dan mengawasi Pemilu 2024. Namun kata Alnof pihaknya akan selalu mengawal dan mengawasi Pemilu 2024 di Riau ini.

"Untuk itu, kami harapkan peran serta masyarakat dalam mengawal dan mengawasi Pemilu 2024, sehingga Pemilu nantinya berjalan jujur dan adil (Jurdil) sesuai dengan harapan kita bersama," ujarnya Selasa (17/10/2022).

Saat ini lanjut Alnof, tahapan Pemilu 2024 di KPU sudah dimulai dan memasuki tahapan verifikasi faktual (Verfak) partai politik calon peserta Pemilu 2024, termasuk juga sudah masuk pemutakhiran pemilih, sedangkan untuk Bawaslu saat ini sudah memasuki rekrutmen Panwascam.

"Panwas yang dinyatakan lulus akan melalui tahapan berikutnya yakni tes wawancara yang akan dilakukan 5 hari yakni dimulai dari tanggal 19-23 Oktober 2022. Dari sekian nama tersebut yang akan dipilih sebagai anggota Panwascam hanya 3 orang per kecamatan," tutupnya. (kl2)