TEMBILAHAN- Setelah selama 10 tahun lamanya, tenaga harian lepas yang kesehariannya bertugas membersihkan sampah di kota Tembilahan bergaji perbulannya hanya Rp500 ribu, mulai bulan ini, gaji mereka yang berjumlah sebanyak 369 itu naik menjadi Rp1,2 juta.

Kenaikan gaji tersebut, ditandai dengan silaturahmi antara keluarga besar DKPP (Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman) bersama Bupati Inhil , HM Wardan di TPA (Tempat Pemrosesan Akhir) Parit 18 Tembilahan, Selasa (9/2/2016).

Dalam kesempatan itu, Bupati Inhil, HM Wardan menyampaikan pesan dengan naiknya jumlah penghasilan itu peningkatan kerja pun diharapkan dapat meningkatkan, agar kedepannya, kebersihan kota Tembilahan lebih baik.

''Mulai tahun 2016 ini, kita memang memperhatikan tenaga kebersihan, khususnya di bidang penghasilan, maka itu, kita naikan gajinya. Harapan saya dengan peningkatan ini harus ada peningkatan kerja,'' ujar Bupati.

Jika sebelumnya tenaga lepas harian tersebut bekerja hanya selama 2 jam, setelah kenaikan gaji ini, mereka akan bekerja selama 4 jam untuk membersihkan sampah dan menata taman-taman yang ada di Tembilahan.

''Saya ingin sampah-sampah dikelola dengan baik, jangan lagi berserakan terutama yang ada di pasar,'' tukas HM Wardan.

Tidak hanya kenaikan gaji untuk tenaga harian lepas, kenaikan gaji juga diberikan kepada Mandor yang gajinya sebelumnya sebesar Rp800 ribu menjadi Rp2 juta.

Operator alat berat yang semula bergji Rp800 ribu naik menjadi Rp1,5 juta dan Kepala mekanik Rp500 jadi Rp2,5 juta.***