SELATPANJANG - Bagi pelaku seni, baik sanggar maupun komunitas yang mempunyai karya dalam bentuk film, siapkan dari sekarang. Pasalnya, Agustus mendatang karya itu bisa diperlombakan dalam kegiatan festival film oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepulauan Meranti.

Info itu disampaikan Sekretaris Disparpora Kepulauan Meranti H Ismail Arsyad, kepada GoRiau, Kamis (4/2/2016). Kata Ismail Arsyad, ada rencana dinas akan menggelar festival film, sebagai bentuk apresiasi terhadap karya seni anak negeri.

Dalam festival film pendek itu nantinya, seluruh karya dari sanggar maupun komunitas akan dinilai. Film yang dianggap terbaik akan mendapat hadiah dari dinas.

"Rencananya Agustus, mereka bisa menyiapkan film terbaik dari sekarang," kata Ismail Arsyad.

Disampaikan laki-laki yang akrab dipanggil Ayah Mail itu lagi, selama ini dalam pantauan mereka, perkembangan film karya asli anak Meranti sudah bisa diperhitungkan. Beberapa film yang dibuat dengan peralatan sederhana mampu menampilkan hasil yang bagus.

"Beberapa yang sudah diputar kemarin memang bagus. Untuk itu, sebagai apresiasi kita, akan digelar festival ini. Semoga ini menjadi pemicu semangat kedepannya," tambah H Ismail.

Dalam festival film pendek khusus dari Meranti tersebut, film yang diikutsertakan dalam lomba, berdurasi minimal 20 menit. Peserta dari berbagai kecamatan boleh mengirim karya lebih dari satu.

Kalau untuk dewan juri, rencananya Disparpora Meranti akan mendatangkan dari Pekanbaru. "Pokoknya penilaian objektif. Mereka yang menghasilkan karya terbaiklah yang akan jadi pemenang. Mari dari sekarang hasilkan karya terbaik," ujar H Ismail.

Di tempat sama, Presiden Komunitas Muda Seni Bernas (Kemas) Meranti Berty Asmara mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemda terhadap karya anak negeri ini. Mereka pun siap berpartisipasi dengan mengirimkan beberapa film nantinya.

"Kemas pasti akan ikut. Nanti kita siapkan beberapa film untuk diperlombakan," ujar Berty Asmara. ***