PEKANBARU - Kebakaran menghanguskan beberapa unit bangunan tempat tinggal warga, di Jalan Berdikari Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru Provinsi Riau pada Sabtu (16/12/2017) siang. Sekitar tujuh unit pemadam kebakaran dikerahkan menjinakkan api.

Informasi yang dirangkum GoRiau.com, ada rumah bulatan dan beberapa petak kontrakan turut hangus dilahap sijago merah. Namun sampai berita ini diturunkan, kepolisian belum merilis data pastinya. Hitungan sementara, setidaknya ada tiga hingga empat rumah.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 10.30 WIB, Sabtu tadi. Melihat api yang sudah membesar, warga setempat pun langsung berupaya memadamkannya dengan alat seadanya, sambil menunggu bantuan regu Pemadam kebakaran (Damkar).

Petugas yang tiba di lokasi langsung berjibaku menjinakkan sijago merah agar api tidak menjalar serta merembes ke bangunan lainnya yang terdapat di sekitar. Upaya itu tidak sia-sia, dan api dapat dijinakkan dengan cepat, dilanjutkan dengan pendinginan.

Dapat dipastikan, tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Sementara ini belum dapat ditaksir berapa kerugian materi yang ditimbulkan, karena polisi setempat masih meminta keterangan sejumlah saksi, termasuk menyelidiki dugaan awal penyebab kebakaran tersebut.

Masih dihari yang sama, tepat beberapa jam sebelum ini, kebakaran juga melanda rumah warga di Jalan Dahlia Ujung, Kelurahan Kedung Sari, Kecamatan Sukajadi sekitar pukul 03.30 WIB (Sabtu dinihari, red). Penyebab kebakaran, diduga akibat arus pendek dari bangunan belakang rumah.

Tak ada barang-barang yang bisa diselematkan, lantaran penghuninya tengah tertidur pulas, di mana tak lain korbannya (penghuni rumah, red) adalah salah seorang wartawan di Pekanbaru. Perabotan, barang elektronik hingga satu unit mobil dilahap dijago merah.

Api baru berhasil dipadamkan satu jam setelah itu, setelah empat unit Pemadam Kebakaran (Damkar) dikerahkan ke lokasi. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, dan kerugian ditaksir mencapai ratusan juta Rupiah. ***