SIAK - Pemasangan listrik gratis dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak menjadi kabar gembira bagi masyarakat miskin atau tidak mampu di Kabupaten Siak. Sebanyak 238 rumah keluarga tidak mampu sudah teraliri listrik PLN.

Bupati Siak, Syamsuar meninjau langsung pemasangan listrik gratis untuk masyatakat tidak mampu di Kecamatan Mempura, Jumat (9/2/2018) jelang salat Jumat didampingi Ketua Baznas Siak M Abdul Rasyid Suharto dan Kadisnakertrans Siak, Amin Budiadi.

Syamsuar sangat menyambut baik 5 program unggulan Baznas Kabupaten Siak ini. Dimana kelima programnya itu yakni Program Siak Sejahtera, Siak Religi, Siak Cerdas, Siak Peduli dan Siak Sehat sangat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat yang tidak mampu.

Syamsuar mengakui masyarakat Siak yang menyalurkan zakatnya melalui Baznas terus meningkat dari tahun ketahun. Dalam setahun saja, Baznas Siak mampu mengumpulkan Rp 13 hingga Rp 14 miliar zakat.

"Itu karena Baznas sangat transparan dalam mengelola zakat yang masuk hingga mendistribusikannya kepada Mustahik," kata Bupati Siak dua periode ini kepada GoRiau.com.

Ketua Baznas Siak, Abdul Rasyid Suharto menyebutkan untuk program 1.000 listrik ini, Baznas bekerjasama dengan PLN dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Siak.

"Banzas Siak mengelola dana umat, jadi peruntukannya dikembalikan lagi ke masyarakat, yang terbingkai dalam beberapa program yang di buat Baznas kabupaten Siak dan didukung oleh Pemkab Siak," kata Rasyid Suharto.

Romlah, janda yang hidup sendirian di rumah berdinding papan, Kecamatan Mempura ini menyampaikan terimakasihnya kepada para muzaki yang sudah menzakatkan hartanya kepada Baznas Siak.

"Selama ini saya bisa dapat listrik dari sambungan warga lainnya. Alhamdulillah, sekarang sudah punya KWH sendiri 900 watt. Cucu saya akan semakin sering menemani saya jika rumah ini sudah teraliri listrik," ujar Romlah dengan bibir gemetar saat berkata.***