SELATPANJANG - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Meranti akan melakukan pembenahan dengan penambahan 100 kamar lagi. Hal ini merupakan salahsatu persiapan untuk segera naik kelas menjadi RSUD tipe B.

Peningkatan status kelas RSUD ini sejalan dengan visi misinya Bupati Kepulauan Meranti terpilih H Muhammad Adil SH. Ia menginginkan RSUD Kepulauan Meranti bisa menjadi rumah sakit rujukan nantinya.

Plt Direktur RSUD Kepulauan Meranti, Fajar Triasmoko ST MT mengatakan sejak dilantik, dirinya sudah melakukan pembenahan di segala sisi mulai melakukan pembenahan mendasar mulai dari mengecat fasilitas pengunjung berupa tempat duduk di taman, menghidupkan seluruh lampu yang tersedia, memperbaiki toilet yang rusak, sampai dengan melakukan land clearing di sekeliling batas RSUD.

"Yang jelas saat ini, yang bisa kita kerjakan dan perbaiki kita lakukan terlebih dahulu. Kita akan coba benahi secara perlahan," ungkapnya.

Untuk diketahui, saat ini kelas RSUD Kepulauan Meranti baru saja naik kelas pada Tahun 2020 lalu dari tipe D menjadi C. Diakui Fajar untuk meningkatkan kelas RSUD dari C menjadi B sangat berat. Tapi ia akan terus berusaha semaksimal mungkin.

"Kita sudah mulai membersihkan lahan di belakang RSUD. Itu untuk persiapan penambahan ruangan rawat inap. Setidaknya untuk meningkatkan kelasnya menjadi B, kita harus menambah 100 kamar rawat inap lagi," katanya.

Dikatakan, saat ini jumlah dokter spesialis sebanyak 7 dokter spesialis. Diantaranya sebanyak 4 spesialis dasar yaitu, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Anak, Bedah dan Obgyn, ditambah 3 spesialis penunjang yaitu, Patologi, Anastesi dan Radiologi. Sementara untuk fasilitas tempat tidur pasien juga perlu dilakukan penambahan.

"Untuk naik kelas menjadi tipe B kita masih kekurangan dokter. Setidaknya kita harus menambah 1 spesialis penunjang, 8 spesialis lain dan 2 sub spesialis dasar. Untuk tempat tidur RSUD tipe B yakni harus 200 tempat tidur ditambah 15 tempat tidur perawatan intensif dan 35 tempat tidur kedaruratan kesehatan. Dengan kondisi saat ini, kita masih kurang 111 tempat tidur lagi," ungkap Fajar.

Walaupun jabatannya sebagai Plt tidak lama, Fajar berharap bisa membuat pondasi dan usulan agar RSUD Kepulauan Meranti bisa naik kelas menjadi tipe B. Sehingga standar penanganan kesehatan di Meranti bisa lebih maksimal. 

"Mohon doanya agar kami terus berbenah demi pelayanan terbaik.Yang pasti dengan masa jabatan kami yang sangat singkat, hanya tiga bulan, kami akan berusaha berbuat secara maksimal," pungkas Kabid Bina Marga DPU PRPKP Kepulauan Meranti.***