PEKANBARU, GORIAU.COM - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali mengadakan Kontes Layanan Honda Nasional 2014 sebagai bagian dari upaya perusahaan dalam meningkatkan layanan terbaik bagi konsumen di seluruh jaringan main dealer.

 Adu keterampilan memberikan layanan terbaik untuk konsumen ini dibagi dalam tiga kategori yang diikuti oleh 41.859 peserta yang terdiri dari 35.670 Front Line People (FLP), 2.060 Deliveryman, dan 4.129 pimpinan jaringan Honda.

Para peserta mengikuti seleksi tahap regional hingga menuju tahap final.  Kontes Layanan Honda Nasional tahun ini memasuki tahun kedelapan sejak pertama kali digelar pada 2007 dan berlangsung selama 5 hari mulai 9-13 Juni 2014.

 PT Capella Dinamik Nusantara selaku Main Dealer Honda wilayah Riau mengirimkan 5 orang perwakilan yang sebelumnya sudah kami seleksi pada Kontes Layanan Regional Riau untuk mengikuti Kontes Layanan Nasional 2014 ini yang terdiri dari 1 orang Pimpinan Dealer yaitu Eko Wibowo-Pimpinan Dealer PT Tunas Dwipa Matra. Untuk Front Line People diwakili oleh Dwi Lestari-Sales Counter PT Capella Dinamik Nusantara Sales Office Bagan Batu, Gabe Rinto Situmorang-Parts Keeper PT CDN Sales Office Jl. Tuanku Tambusai Pekanbaru, Dirja Muhammad Iqbal-Salesman CV Surya Kuansing-Taluk Kuantan, Rian Saputra-Delivery Man CV Karisma Jaya Pasir Pengaraian.

 Pada tahap final, terseleksi sebanyak 121 peserta terbaik dari 29 Main Dealer Honda di Indonesia. Kategori FLP diikuti oleh 69 orang yang terdiri dari Sales Counter, Salesman, Front Desk Officer, Salesman Part, dan Sales Counter Part. Adapun kategori Deliveryman diikuti 27 petugas yang biasa mengantarkan motor ke konsumen sedangkan kategori Pimpinan Jaringan diikuti oleh 25 orang yang merupakan penanggungjawab di showroom, AHASS, maupun Honda Exclusive Parts Shop (HEPS).

 General Manager Honda Customer Care Center (HC3) AHM Istiyani Susriyati mengatakan perusahaan terus berupaya meningkatkan kompetensi para karyawan dan pimpinan yang berada di garda terdepan pelayanan konsumen.

 "Kontes Layanan Honda menjadi salah satu upaya berkelanjutan yang kami susun untuk terus mengasah keterampilan Front Line People, Deliveryman, dan Pimpinan Jaringan Honda di seluruh Indonesia.  Kami berharap hal ini dapat semakin memacu semangat mereka untuk semakin Satu Hati dalam melayani konsumen Honda sebaik-baiknya,"ujarnya.

 Dalam proses seleksi panitia melakukan pre assessment dengan metode mystery shopping dan mystery calling untuk para FLP sedangkan untuk deliveryman dilakukan customer survey dan dealer audit terhadap para pimpinan jaringan. 

Pada tahap berikutnya, untuk menentukan pemenang, panitia merumuskan beberapa poin penilaian yang berbeda di setiap kategori.  Untuk FLP dan deliveryman, penilaiannya meliputi beberapa aspek yaitu pengetahuan, ketrampilan, kepribadian, perilaku, semangat melayani berdasarkan value One Heart With Care.  Adapun metode penilaian terdiri dari tes teori, praktik bermain peran, pengamatan kepribadian, observasi dan survei lapangan.

 Untuk kategori Pimpinan Jaringan, penilaian dilakukan dengan memperhatikan faktor kepemimpinan, sikap, inovasi dan implementasi proyek, dan pengembangan manajemen outlet yang dilakukan di setiap daerah.

 Untuk para pemenang, AHM menyediakan 3 unit sepeda motor dan piala bergilir untuk juara terbaik dari tiap kategori, tropi, serta piagam penghargaan.

 Keseriusan AHM bersama jaringan main dealernya memberikan layanan terbaik untuk para pelanggan mendapat apresiasi dari sejumlah pihak.  Awal bulan ini, lembaga Carre - CCSL (Center for Customer Satisfaction & Loyalty) bekerjasama dengan majalah Service Excellence memberikan penghargaan Service Quality (SQ) Award 2013 kategori Diamond, predikat tertinggi dalam ajang penghargaan ini.(adi)