BANGKINANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kampar melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) sedang melakukan verifikasi faktual dukungan perbaikan penambahan Bakal Calon Kepala Daerah Perseorangan. Namun KPU mendeteksi banyak dukungan ganda.

Komisioner KPU Kampar Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Humas, Sardalis mengungkapkan, banyak dukungan berpotensi ganda, terdeteksi dalam aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON).

Dukungan terindikasi ganda dicatat dan akan diverifikasi secara faktual. ''Potensi ganda eksternal banyak. Saya nggak ingat. Verifikasi faktual itu kan secara fisik di lapangan. Nanti ketahuan,'' kata Sardalis.

Ditambahkan, dukungan ganda baru bisa dieliminasi setelah verifikasi faktual oleh petugas di lapangan.

Sardalis menjelaskan, potensi ganda yang dimaksud adalah secara eksternal. Sedangkan ganda internal atau dukungan ganda pada satu Pasbalon sudah dibersihkan oleh SILON.

Menurut Sardalis, potensi ganda eksternal itu bukan hanya pada dua Pasbalon, Jawahir-Bardansyah Harahap dan Alfisyahri-Moh Asbin Wibowo, yang menyerahkan dukungan perbaikan.

Dikatakan, tidak menutup kemungkinan, ganda eksternal juga terdapat pada pasangan Rahmat Jevary Juniardo-Khairuddin Siregar. Meski jumlah dukungan untuk Ardo-Khairuddin sementara ini telah ditetapkan memenuhi syarat minimal.

''Bisa saja berkurang (dukungan Ardo-Khairuddin) karena ganda eksternal," tandas Sardalis. Guna mengetahui kondisi akhir dukungan perseorangan, ia masih menunggu hasil verifikasi faktual yang akan berlangsung hingga 17 Oktober mendatang. ***