PEKANBARU - Dalam rangka memperingati Iduladha 1444 Hijriyah, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah mengumpulkan sebanyak 28 ekor hewan kurban yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN). "Alhamdulillah, hingga saat ini sudah terkumpul 28 ekor sapi dari ASN di lingkungan Pemko Pekanbaru. Jumlah orangnya itu sekitar 196 orang. Itu sudah termasuk pak Pj Walikota," ungkap Kepala Bagian Kesra Setdako Pekanbaru, Tri Sepna Saputra, pada Senin (26/6/2023).

Menurut Tri Sepna, jumlah hewan kurban yang dikumpulkan tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2022. "Tahun lalu hewan kurban ASN Pemko Pekanbaru sebanyak 25 sapi dan 2 ekor kambing," ujarnya. Penambahan ini menandakan semakin tingginya antusiasme ASN Pemko Pekanbaru dalam melaksanakan ibadah kurban.

Penyembelihan hewan kurban tersebut direncanakan akan dilakukan di Mal Pelayanan Publik (MPP). "Pulang dari salat Idul Adha, nantinya Pak Pj akan langsung ke MPP untuk menyaksikan pemotongan hewan kurban. Jadi untuk pemotongan hewan kurban akan kita lakukan di hari Kamis (29/6) setelah salat Idul Adha," tambah Tri Sepna.

Daging dari hewan kurban tersebut nantinya akan dibagikan kepada Tenaga Harian Lepas (THL) dari berbagai dinas di Pemko Pekanbaru, serta THL yang ada di Masjid Ar-Rahman dan Masjid Al-Firdaus.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun S.STP M.AP telah mengajak ASN di lingkungan pemerintah kota setempat untuk terus meningkatkan amal ibadahnya. "Kita beri imbauan kepada ASN dan juga kepada kepala OPD untuk berkurban," ujar Muflihun, pada Jumat (16/6/2023).

Muflihun mengajak ASN untuk menyisihkan sebagian rezeki untuk berkurban. "Tapi memang tak boleh kita paksa ya, siapa yang mau dipersilahkan untuk berkurban," pungkasnya.

Antusiasme ASN Pemko Pekanbaru dalam memperingati Iduladha ini menunjukkan semangat kebersamaan dan gotong-royong yang semakin kuat dalam menjalankan ibadah kurban. Hal ini merupakan bukti nyata dari komitmen ASN Pemko Pekanbaru untuk selalu memberikan yang terbaik bagi masyarakat Pekanbaru. ***