PEKANBARU - Informasi terbaru dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, mengungkapkan bahwa pada hari Senin (17/7/2023), provinsi Riau akan diprediksi mengalami cuaca hujan di beberapa wilayahnya.

Forecaster BMKG Stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna membeberkan bahwa di awal hari, Riau diperkirakan akan mengalami cuaca cerah berawan hingga berawan. Beberapa wilayah seperti Pelalawan, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir, berpeluang mengalami hujan ringan sampai sedang.

Memanjang ke siang dan sore hari, cuaca tetap cerah berawan hingga berawan, namun beberapa wilayah seperti Rokan Hilir, Rokan Hulu, Bengkalis, Pelalawan dan Pekanbaru, berpotensi mengalami hujan dengan intensitas yang sama.

"Untuk malam hari, keadaan cerah berawan hingga berawan masih mendominasi, dengan hujan ringan hingga sedang yang berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Riau," urai Yasir.

Menuju dini hari, cuaca diprediksi masih cerah berawan, namun hujan ringan hingga sedang berpotensi terjadi di beberapa wilayah seperti Kampar, Rokan Hulu, Bengkalis dan Siak.

"Penduduk perlu mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang yang mungkin terjadi di beberapa wilayah seperti Kampar, Rokan Hulu, Bengkalis, Siak, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Pelalawan pada pagi, siang, sore, maupun malam hari," himbau Yasir.

Untuk suhu udara, akan berkisar antara 23.0 hingga 33.0 °C, dengan kelembapan udara antara 50 – 99%. Angin bertiup dari arah Selatan ke Barat dengan kecepatan antara 10 – 40 km per jam.

"Di perairan Provinsi Riau, tinggi gelombang diperkirakan antara 0.50 – 1.25 m, dan perlu waspada potensi angin kencang yang berpeluang terjadi di wilayah perairan Batam," tambahnya.

Sementara itu, titik panas atau hotspot di Pulau Sumatera tercatat mencapai 73 titik, dengan perincian: Aceh dan Sumatera Utara 3 titik, Sumatera Barat dan Bengkulu 5 titik, Bangka Belitung 16 titik, Lampung 13 titik, Jambi 12 titik, Sumatera Selatan 10 titik, dan Riau 6 titik.

"Enam titik hotspot di Riau terdeteksi di wilayah Kabupaten Rokan Hilir 3, Bengkalis, Kampar, dan Indragiri Hulu masing-masing 1 titik," tutup Yasir. ***