PEKANBARU - Harga bahan kebutuhan pokok di pasar dalam Kota Pekanbaru kembali stabil pasca Idul Fitri 1445 H/2024 M.

"Setelah lebaran hingga hari ini masih berjalan normal, tidak ada kenaikan yang signifikan," ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru Maisisco, Selasa (23/4/2024).

Bahkan, kata dia, beberapa komoditas seperti cabai merah mengalami penurunan harga. Hal itu sesuai hasil pantauan di dua pasar di antaranya Pasar Pagi Arengka dan Pasar Cik Puan.

"Yang mana awalnya harga cabai Rp70 ribu, Rp80 ribu, saat ini sudah turun ke angka Rp50 ribu, Rp60 ribu per kilo," ucapnya.

Mengingat harga bahan kebutuhan pokok sudah kembali stabil, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk sementara waktu meniadakan kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) atau pasar murah. Sebab, lanjut Maisisco, pasar murah yang sebelumnya digelar secara bergilir di kecamatan bertujuan mengendalikan harga bahan kebutuhan pokok yang merangkak naik.

"Jadi, GPM ini kita lakukan saat harga bahan pokok melambung tinggi. Tujuannya untuk mengimbangi serapan masyarakat yang tinggi dan besar, makanya kita lakukan GPM," ujarnya.

"Tapi kalau kita adakan GPM saat harga normal, maka tentu kasihan petaninya. Kita beli dengan harga murah, kalau terlalu murah petani akan rugi juga. Makanya di saat normal kita stop dulu GPM," tutup Maisisco. ***