TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Sebanyak 50 orang warga binaan di Lapas Kelas II A Tembilahan mengikuti pelatihan pembuatan batu cincin, selain itu ada juga pelatihan keterampilan refleksi dan baber shop.

Pembukaan pelatihan yang bekerjasama dengan LPK Puspa Antariksa Jakarta ini dibuka secara langsung oleh Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan di aula Lapas Kelas II A, Kamis (19/3/2015).

Kepala Lapas, Tommy K mengungkapkan, kegiatan ini merupakan kegiatan ke 3, dimana sebelumnya juga sudah dilaksanakan pelatihan pembuatan batako dan kue.

Pelatihan ini dikatakan Tommy, tidak lain untuk memberdayakan seluruh warga binaan yang saat ini sudah mencapai 500 orang agar menjadi orang-orang yang kreatif. Dimana jika sukses, dikatakan Tommy pihaknya akan membangun wadah untuk memamerkan hasil karya para warga binaan.

''Visi kita kan memanusiakan manusia, jadi kita berupaya memberikan bekal yang bisa bermanfaat bagi mereka,'' ujar Tommi kepada awak media usai pembukan pelatihan tersebut.

Senada dengan itu, Bupati Inhil, HM Wardan mengatakan, kegiatan seperti ini sangat baik sekali dalam rangka memberikan keterampilan kepada warga binaan, selain mengisi waktu saat berada di rumah tahanan, dikatakan Bupati juga dapat menjadi bekal untuk membuka usaha setelah bebas dari tahanan.

''Saya juga akan membuka diri dengan Lapas ini, bagaimana kedepannya kita membuat MOU untuk membantu Lapas Kelas II A ini dengan menyediakan alat-alat keterampilan, sehingga dapat membuka peluang ekonomi terutama saat mereka sudah kembali ke masyarakat,''tukas HM Wardan.(ayu)