PEKANBARU - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balek Kampung Unri 2021 Desa Kabun, Kecamatan Kabun, Rokan Hulu melakukan kegiatan penanaman Pohon Pinang di SD Negeri 013 Kabun.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Rokan Hulu terkenal dengan kebun sawit dan pinang, sebab sebagian besar daerah ini ditanami pohon sawit dan pinang.

Salah seorang tim Kukerta, Haganta Bangun, mengatakan, secara nasional, tanaman pinang memang bukan merupakan komoditas utama Indonesia, namun di Pulau Sumatera komoditas ini merupakan andalan sebagian petaninya dan sejak lama menjadi komoditas ekspor.

"Hampir semua bagian tanaman pinang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia mulai dari alat rumah tangga hingga mengatasi berbagai gangguan penyakit," ujarnya, Selasa (24/8/2021).

Tim Kukerta Kabun sendiri beranggotakan sebanyak 9 mahasiswa, yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 5 orang perempuan diantaranya Haganta Bangun, Astri Rani, Delila Dwi Saputri Purba, Winda Ernawati Laia, Tito Michael Simanjuntak, Gunawan Ginting, Crinaldy Manurung, Feny Yan’Auti, dan Tira Afriani. Semuanya dibimbing oleh dosen lapangan Dr Ahmal S Pd, M Hum.

Kepala Sekolah SD Negeri 013 Kabun, Agustri sangat mendukung kegiatan tersebut, dan dia juga dapat memperkenalkan salah satu komoditas pertanian yang ada di desa Kabun kepada para mahasiswa.

"Mahasiswa Kukerta Balek Kampung UNRI 2021 melaksanakan semua tahap penanaman mulai dari membersihkan lahan yang akan dijadikan tempat untuk menaman pohon pinang, menggali lubang untuk menanam pohon pinang, hingga menanam semua bibit pohon pinang," kata Agustri.

Dengan keikutsertaan mahasiswa Kukerta Balek Kampung UNRI 2021 dalam proses penanaman bibit pohon pinang batara, diharapkan mahasiswa KKN Balek Kampung UNRI 2021 dapat lebih mengenal komoditas pertanian yang ada di Desa Kabun, Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. ***