SELATPANJANG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kepulauan Meranti melakukan seleksi guru berprestasi. Kegiatan ini dikhususkan kepada guru Taman Kanak-kanan (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kepulauan Meranti.

Saat seleksi, hadir langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kepulauan Meranti Julian Norwis SE MM, Kadisdikbud Rosdaner SPd, Sekretaris Rokhaizal, Kabid Dikdas Syafrizal, serta 15 guru TK, SD, SMP, dan pengawas yang mengikuti seleksi guru berprestasi, serta beberapa orang guru lainnya.

Dalam laporannya, Rosdaner mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendorong, memotivasi, melihat dedikasi, loyalitas, dan profesional guru. Katanya lagi, bagi guru yang terpilih akan diberikan penghargaan di bidang pendidikansebagai bentuk motivasi dan dukungan kepada guru atas dedikasi dan profesionalitasnya dalam mengemban tugas.

Ditambahkan Rosdaner, yang menjadi indikator penilaian saat itu dilihat dari kualitas, produktifitas, kreatifitas, dan kompetitif yang berkarakter.

Menanggapi kegiatan ini, Sekda Julian Norwis memberikan apresiasi kepada Disdikbud. Katanya, pahlawan tanpa tanda jasa memang perlu diberikan motivasi, karena peran guru sangat strategis dalam menentukan baik atau buruknya dunia pendidikan serta anak didiknya.

Kegiatan ini juga diharapkan bisa mengangkat derajat guru sebagai profesi yang terhormat, mulia dan bermartabat serta dilindungi.

Kepada dewan juri, Sekda yang akrab dipanggil Icut itu juga mengingatkan agar memberikan penilaian secara objektif dan profesional. Sehingga nantinya guru yang terpilih adalah guru terbaik dari yang terbaik yang dapat dijadikan indikator gambaran keberhasilan dunia pendidikan di Kepulauan Meranti. 

Melalui kegiatan ini juga, Icut berharap akan mampu mendorong para guru untuk lebih meningkatkan kualitas, produktif, kompetitif serta kreatif dalam melaksanakan tugas mengajar peserta didik.

"Kita harap kegiatan ini mampu memotivasi guru untuk berkompetisi menghasilkan anak didik yang cerdas dan berkarakter yang nantinya dapat memberikan sumbangsih positif dalam dunia pendidikan Meranti di masa yang akan datang," ujar Icut. (rls)