KAMPAR – Dua jamaah haji asal Kabupaten Kampar, Riau, wafat di tanah suci Makkah pada musim haji tahun 2022 ini.

Pertama atas nama Nursiah Darwis Cimpin memegang nomor porsi 0400080120. Meninggal pada 5 Juli 2022 pukul 09.45 WAS di RS King Faishal Syisyah Arab Saudi karena penyakit diabetes dan jantung.

Kedua, Tuongku Rasai Marusin Jali memegang nomor porsi 0400081871. Meninggal pada 12 Juli 2022 Pukul 12.00 WAS di RSAS An Nur karena komplikasi.

Tuongku Raza'i beralamat di Jalan Raya Pekanbaru - Bangkinang Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang.

Kabar duka ini disampaikan Ketua Kelompok Terbang 05 BTH, Syamsuatir kepada Kantor Kementerian Agama Kampar.

Almarhum menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit An Nur, Kota Makkah, Arab Saudi.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Zulfaimar menyebutkan, Almarhum tergabung dalam Kloter 05 BTH Rombongan 4 Regu 15 bernomor porsi 0400081871. Almarhum tutup usia 63 tahun.

"Selasa malam beliau langsung drop, dan langsung kami rujuk ke rumah sakit. Siangnya beliau menghembuskan nafas terakhir," kata Zulfaimar seperti dilaporkan Syamsuatir.

Saat menyampaikan kabar duka itu, Syamuatir bersama istri almarhum, Sariado. Berikut Dokter Kloter, dr. Febrinawati dan Paramedis, Bustami Jamaris.

Menurut dia, sebelumnya almarhum tampak sehat dan segar. Almarhum telah menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji. Mulai dari Wukuf di Padang Arafah. Lalu, Mabit di Muzdalifah.

"Bahkan untuk melontar Jumrah. Beliau sengaja mengambil nafar tsani, artinya beliau empat kali pergi ke Jamarat untuk melempar jumrah dengan semangatnya yang tinggi," ujarnya.

Menurut dia, tidak ada tanda-tanda gangguan kesehatan almarhum. Istrinya, Sariado bercerita pada Rabu sore, almarhum sempat meminta difoto.

"Foto untuk kenang-kenangan buat anak-anaknya," katanya.

Ia berharap, wafatnya almarhum menjadi pertanda husnul khotimah. Almarhum wafat di usia 63 tahun seperti Nabi Muhammad SAW.

Dengan demikian, jamaah asal Kampar yang wafat sudah dua orang. Sebelumnya, Nursiah asal Desa Penyesawan Kecamatan Kampar pada Selasa (5/7/2022) yang tutup usia 60 tahun.

Keduanya dari Kloter 5 BTH. Semula ada 390 jamaah di asal Kampar. Maka menjadi 388 jamaah yang terbagi dua Kelompok Terbang Hang Nadim Batam, Provinsi Kepulauan Riau.***