HANOI - Tim Nasional (Timnas) Basket 3x3 Putra Indonesia mencetak sejarah. Pada hari pertama pelaksanaan cabang olahraga bola basket SEA Games 2021 Vietnam, Jumat (13/5/2022), Pasukan Merah Putih mengalahkan Filipina dengan skor 15-13.

Ini merupakan sejarah bagi basket Indonesia, khususnya untuk 3x3. Pada SEA Games edisi 2019 Manila, Indonesia kalah di partai puncak dan harus puas dengan membawa pulang medali perak.

Sebelum bertanding melawan Filipina, Timnas 3x3 Putra Indonesia yang digawangi Jamarr Johnson, Oki Wira, Surliyadin, dan M. Sandy Aziz menelan dua kekalahan menyakitkan. Mereka kalah dari Singapura dan tuan rumah Vietnam. Tetapi dengan semangat pantang menyerah, Indonesia mampu menutup hari pertama dengan kemenangan manis.

Filipina kali ini turun dengan tim yang kuat. Empat punggawanya adalah Reymar Caduyac, Marvin Hayes, Jorey Napoles, dan Brandon Rosser. Mereka sudah menang dua laga sebelum bertanding melawan Indonesia. Filipina sendiri berada di bawah Vietnam di klasemen sementara SEA Games 2022 untuk cabang olahraga 3x3, yang menggunakan sistem round-robin.

Pertandingan sendiri berjalan cukup alot. Karena sampai waktu habis, tidak ada tim yang mencapai 21 poin atau game poin. Filipina membuka keunggulan di awal laga. Bahkan mereka sempat unggul 4-0. Sebaliknya, kebuntuan Indonesia bisa dipecahkan oleh Sandy melalui tembakan dua angka setelah laga berjalan dua setengah menit.

Momentum kebangkitan Indonesia terjadi di pertengahan laga. Jamarr Johnson dan kawan-kawan bisa menyamakan kedudukan menjadi 6-6. Setelah itu, semangat mereka mulai naik lagi. Sehingga membuat laga semakin sengit. Di sisa waktu 3 menit, Indonesia sempat unggul 9-8.

Ketegangan terjadi di saat memasuki menit-menit akhir. Indonesia bisa unggul 14-12 di sisa satu menit. Mereka harus berjibaku untuk mempertahankan keunggulan tersebut. Karena Filipina masih mengancam. Di detik-detik terakhir, Surliyadin mampu mencetak satu free throw untuk mengunci kemenangan Indonesia.

Hasil yang didulang Timnas Basket Putra Indonesia ini mengobati kekalahan di laga sebelumnya, di mana Merah Putih kalah 10-22 dari tuan rumah Vietnam. Di samping itu, kemenangan ini juga mendongkrak peringkat Indonesia di klasemen. Mereka ada di posisi keempat atau masuk zona Playoffs. Besok, Indonesia akan berhadapan dengan Kamboja dan Thailand. ***