PEKANBARU - Kabupaten Kampar akan menjadi tuan rumah peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN), yang akan dilaksanakan pada 30 April 2020 mendatang.

Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau, Zufra Irwan pun menegaskan, bahwa Kabupaten Kampar menyatakan siap untuk menjadi tuan rumah. Pernyataan kesiapan ini, dikatakannya setelah PLH Bupati Kampar, Yusri dan pihak Dinas Kominfo Kampar melakukan pertemuan dengan Ketua Komisi Pusat, Gede Narayana beserta komisioner KIP Riau di Jakarta, Rabu (7/8/2019).

“Peringatan HKIN akan dipusatkan di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Beragam item akan dilakukan dalam rangka HKIN di Kampar, yang paling utama adalah kampanye tentang keterbukaan informasi dihadapan seluruh kepala desa di Kabupaten Kampar dan seluruh OPD,” jelasnya.

Peringatan HKIN 2020 ini, lanjutnya, akan dihadiri oleh seluruh perwakilan Komisi Informasi se-Indonesia. Agenda lainnya juga, penandatanganan MoU keterbukaan informasi bersama bupati dan walikota se Riau.

“Puncak acaranya itu, komisoner KI se-Indonesia akan menyaksikan MoU Keterbukaan Informasi bersama bupati dan walikota se-Riau dan disaksikan oleh pihak Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kominfo dan KPK, “ ujarnya.

Sementara itu, usai pertemuan ini, KI Riau dan pihak-pihak terkait akan segera mematangkan persiapan lainnya. Termasuk mendampingi Kabupaten Kampar dalam mempersiapkan kegiatan tersebut.

“Soal teknis pendanaan kegiatan dan rencana itemnya sudah dimatangkan. Harapan kita, HKIN 2020 akan berjalan lancar sesuai dengan apa yang diinginkan," tutupnya.***