PEKANBARU - Dinas Peternakan (Distakan) Kota Pekanbaru mencatat kebutuhan hewan ternak jenis sapi meningkat hingga lebih 100 persen, menjelang Ramadhan. Meskipun demikian, stok daging hewan potong tersebut masih dalam kategori aman.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Distakan Kota Pekanbaru, Herlandria, Kamis (15/4/2021). Ia menjelaskan, meski permintaan sempat meningkat, namun saat ini sudah berangsur normal.

"Seminggu menjelang Ramadan kemarin kita ada peningkatan, tetapi kalau sekarang udah normal lagi. Tapi stok kita aman kok," ujar Herlandria.

Ia menjelaskan, dalam peningkatan permintaan tersebut, setidaknya ada 90 hingga 97 ekor hewan yang dipotong dalam sehari. Padahal biasanya, pemotongan hewan hanya mencapai 20 sampai 25 ekor dalam sehari saat normal.

Herlandria memaparkan peningkatan permintaan memang biasa terjadi saat menjelang Ramadhan dan nantinya ketika hari raya Idul Fitri.

"Biasanya menjelang Idul Fitri ada peningkatan juga. Di RPH kita stoknya masih aman, kita ada datangkan hewan dari Lampung, sekitar 95 persen," pungkasnya. ***