SELATPANJANG - Pihak PT Cahaya Meranti Internasional (CMI) yang merupakan developer perumahan di Dorak Selatpanjang dikabarkan telah mulai membayar angsuran tunggakan ke rekanan. PT CMI sebelumnya menunggak ke rekanan sebesar Rp4 miliar atas jasa pembangunan rumah, penimbunan jalan, dan sumur bor.

Salah satu rekanan, Bocang, ketika dikonfirmasi GoRiau, Senin (24/10/2016) mengaku pihak perusahaan mulai melakukan pembayaran sejak digelar peretemuan, Kamis (22/9/2016) lalu. "Mereka (PT CMI, red) baru membayar untuk 3 unit," kata Bocang kepada GoRiau.

Diceritakan Bocang, sesuai surat perjanjian pelunasan tunggakan Rp4 miliar lebih antara rekanan dengan developer telah dibuat di hadapan notaris. Dimana, pihak rekanan diberi kesempatan untuk melakukan pembayaran hingga tanggal 28 Oktober 2016. "Memang pertemuan itu tanggal 22, tapi perjanjian dibuat tanggal 28 September. Jadi, kita lihat perkembangannya tanggal 28 Oktober," ujar Bocang juga.

Baca Juga: Ini Penyebab Developer Nunggak Rp4 Miliar ke Rekanan

Ketika ditanya apakah tanggal 28 Oktober pihak developer akan melakukan pelunasan, Bocang mengatakan tidak. Pihak developer akan melakukan pembayaran, dan meminta waktu untuk satu bulan lagi setelah jatuh tempo tanggal 28 Oktober 2016 itu.

Selain itu, kata Bocang juga, pihak perusahaan juga telah membawa kuasa hukum rekanan ke Bank BTN di Pekanbaru untuk memastikan masalah keterlambatan pembayaran itu. "Kita kawal terus masalah ini, agar secepatnya kelar," kata Bocang lagi.

Developer menunggak sekitar Rp4 miliar lebih ke rekanan atas jasa pembangunan rumah, penimbunan jalan, dan pembuatan sumur bor untuk perumahan di Dorak Selatpanjang setelah 128 berkas konsumen direject oleh pihak Bank BTN. Sehingga, pembayaran yang diharapkan uang konsumen menjadi terhambat.

"Kendalanya di kolektif konsumen. Ada sekitar 128 berkas konsumen yang direject oleh Bank. Makanya agak sulit kita mengcover (pembayaran ke kontraktor, red)," kata Lukman, Direktur Pemasaran PT Cahaya Mentari Internasional ketika ditemui di Selatpanjang usai melakukan pertemuan dengan belasan rekanan. #Semua Berita Kep Meranti, Klik di Sini