SIAK - Meski di Riau sudah ada tiga, RS Arifin Ahmad Pekanbaru, RS Tembilahan Kabupaten Inhil, dan RS Kota Dumai yang ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan untuk pasien yang positif terkena virus corona, RSUD Tengku Rafian Siak juga sudah menyiapkan dua ruangan isolasi.

Hal itu dilakukan Direktur RSUD Tengku Rafian, dr Benny Chairuddin sebagai upaya untuk mengantisipasi membludaknya pasien di tiga rumah sakit rujukan itu.

"Ini kita buat untuk antisipasi, jika nanti RS yang ditunjuk sebagai rujukan penuh. Ini juga himbauan dari Menteri Kesehatan yang harus dilakukan RSUD di daerah," kata Benny kepada GoRiau.com, Selasa (3/3/2020).

Dua ruangan isolasi yang disiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya pasien terindikasi Virus Corona ini, kata Benny, memang kosong dan sama sekali belum pernah digunakan.

"Ruangan baru ini memang belum pernah digunakan, di dalamnya terdapat 15 tempat tidur," kata Benny lagi.

Berdasarkan surat edaran Kementrian Kesehatan, ada 100 rumah sakit di Indonesia yang ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan. Di Riau ada tiga, RS Arifin Ahmad Pekanbaru, RS Tembilahan Kabupaten Inhil, dan RS Kota Dumai," kata dia.

Ketiga rumah sakit tadi ditunjuk itu pintu masuk terbesar pengunjung ke Riau. "Tadi kita juga sudah mensimulasikan penanganan pasien jika teridentifikasi virus itu. Meski ruangan dan fasilitas sudah ada di sini, kita berharap tidak ada masyarakat terkena penyakit Corvid-19 tersebut," harap Benny. ***