PEKANBARU - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Riau, Rahmat Setiyawan mengatakan, bahwa saat ini ada tiga ekor sapi yang telah disiapkan untuk dipilih menjadi hewan kurban terbaik dari Presiden Joko Widodo untuk masyarakat Riau pada Idul Adha 1441 Hijriyah tahun ini. Namun, sapi apa yang nantinya akan dikurban, hasilnya masih menunggu persetujuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

"Dari tiga sapi itu, nanti yang dipilih hanya satu ekor saja. Saat ini kita masih menunggu persetujuan Kementan,"kata Rahmat di Gedung Daerah Provinsi Riau, Selasa (14/7/2020).

Rahmat menjelaskan, tiga ekor sapi kandidat itu sebelumnya telah disurvey oleh Balai Veteriner Bukit Tinggi, Kementan RI, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi, serta Tim Dinas Pertanian Kota Pekanbaru langsung ke kandangnya. Hasil surbey itu, telah disetujui oleh Balai Veteriner Bukit Tinggi.

Dipaparkan Rahmat tiga ekor kandidat sapi bantuan Presiden itu, semua pemiliknya berada di Kota Pekanbaru. Diantaranya, sapi milik Aprizal warga Jalan Purwodadi, Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tampan.

"Kemudian, Agus warga Muara Fajar, Kecamatan Rumbai dan Rois, warga Jalan Pelita, Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan. Ketiga sapi itu memiliki berat bervariasi, mulai dari bobot 779 kilogram hingga 820 kilogram, yang semuanya berumur 4 tahun," jelasnya.

Rahmat menyebutkan, tiga ekor sapi itu kondisinya sehat. Jenis sapinya ada dari Ras Simental, Mix dan persilangan sapi Brahman dengan Angus. ***