SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Sebanyak 88 unit Rumah Layak Huni (RLH) yang dibangun Pemkab Siak melalui Dinas Cipta Karya dan Pengairan tahun 2014 di Desa Muara Bungkal Kecamatan Sungai Mandau, akan segera ditempati. Pembangunan RLH itu merupakan upaya Pemkab dalam merelokasi desa yang terkena bencana banjir.

"Kalau untuk bangunan, 88 unit RLH itu sudah siap ditempati, hanya menunggu listrik dari Dinas Pertambangan dan Energi. Satu unit rumah harganya sekitar Rp70 juta," kata Kadis Cipta Karya dan Pengairan Siak Ir Irving Kahar kepada GoRiau.com, Kamis (2/4/15).

Untuk tahun 2014 ini, lanjut Irving, Pemkab Siak kembali menggangarkan dana untuk pembangunan RLH di masing-masing kecamatan."Tahun ini setiap kecamatan kita bangun 10 RLH, kecuali kecamatan Siak dan Mempura, dibangun 30 unit. Totalnya sekitar 180 unit RLH," ujar Irving.

Sementara, Kepala Distamben Siak Amin Budyadi mengatakan, pihaknya sudah anggarkan dana untuk pengadaan listrik untuk 88 unit RLH di Sungai Mandau.

"Sudah kita anggarkan, tinggal menunggu proses lelangnya. Energi listriknya dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atau Solar Home System (Sistem penerangan rumah dari tenaga matahari). Mudah-mudahan secepatnya RLH ini bisa dinikmati masyarakat," pungkas Amin.(nal)