TELUKKUANTAN - Memiliki impian masa kecil adalah hal yang wajar bagi setiap orang. Begitu juga dengan Rona Melani yang sejak kecil bermimpi terbang di angkasa.

Ya, sepertinya impian tersebut segera terwujud. Setelah ia dipercaya mewakili Riau ke tingkat nasional pada ajang Lomba Kompetensi Sekolah (LKS) tingkat nasional di Malang, Jawa Timur, 23-28 Mei mendatang.

Siswi SMKN 2 Telukkuantan ini akan berlomba dalam bidang Restaurant Service setelah meraih juara satu LKS tingkat provinsi Riau.

“Dengan impian ingin naik pesawat itu, saya jadi termotivasi harus mendapat juara I LKS tingkat provinsi Riau. Jika mungkin mengandalkan duit dari kantong entah sampai kapan saya bisa naik pesawat.  Alhamdulillah, kini harapan itu telah diraih tinggal lagi persiapan untuk tingkat nasional” ujar Rona sambil tersenyum bahagia. Saat ini, ia duduk di bangku kelas XI Jurusan Akomodasi Perhotelan.

Sementara itu, Ketua Jurusan Akomodasi Perhotelah SMK Negeri 2 Teluk Kuantan, Leny, S.Pd mengatakan perolehan juara satu LKS tingkat provinsi ini mengukir  sejarah baru karena belum pernah kabupaten di Riau yang bisa meraih juara satu bidang restaurant service.

Hasil ini, katanya, sangat membanggakan karena sekolah di daerah bisa menjadi terbaik mengalahkan Kota Pekanbaru yang bertabur hotel.

"Alhamdulillah, siswa kita tahun ini mampu berkiprah di LKS tingkat nasional. Kami sangat bersyukur dan termotivasi atas raihan ini. Selama sepuluh tahun LKS digelar belum pernah kabupaten yang menjadi juara I dan selalu diraih kota Pekanbaru. Ini hendaknya juga menjadi motiovasi bagi kabupaten lainnya bahwa sekolah di daerah bisa bersaing di bidang perhotelan,” ujar Leny.

Ditambahkan Leny, sebagai guru, dia akan berusaha membimbing Rona Melani menembus tiga besar di tingkat nasional. Target ini, katanya, cukup berat  namun bisa dicapai asalkan bahan dan alat dimiliki untuk berkompetisi sesuai standar yang digunakan.

“Alat dan bahan adalah salah satu kunci untuk sukses dalam LKS, semoga dapat terpenuhi karena sudah mewakili provinsi Riau. Selain itu  yang perlu ditingkatkan adalah penguasaan bahasa Inggris Rona masih kurang, mudah-mudahan dalam waktu  satu bulan ke depan bisa ditingkatkan lagi," tutur Leny.

Senada dengan itu, Kepala SMKN 2 Teluk Kuantan Drs. Arman Yulis, MM  mengatakan prestasi yang diraih Rona Melani adalah berkat bimbingan warga sekolah, dan dukungan Pemkab Kuantan Singingi. Dia berharap prestasi di bidang lainnya dapat diukir siswa SMKN 2 Teluk Kuantan hingga tingkat nasional, bahkan Asean.***