PEKANBARU - Komandan Koramil 14 Kepenuhan Kapten Inf Hendra p Barus bersama Kapolsek Kepenuhan AKP Dasril SH turun meninjau lahan kering. Kegiatan ini untuk mencegah terjadinya Karhutla.

Mereka menyusuri semak belukar di tengah lahan warga yang kering, Kamis (1/8/2019). Sambil meninjau, mereka menyosialisasikan agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Kapten Hendra mengimbau, masyarakat tidak lagi membuka lahannya dengan cara membakar walaupun luasnya sedikit. Membuka lahan dengan cara itu akan mencemari udara.

"Itu akan membuat terjadinya polusi udara kemudian akan mengganggu jalannya penerbangan karena jarak pandang kita akan terganggu," kata Kapten Hendra.

Kapolsek Kepenuhan AKP Dasril SH menegaskan masyarakat agar tidak lagi membakar lahan. Pihak kepolisian tidak akan segan menindak apabila kedapatan membakar lahan.

"Kami tidak segan-segan akan menangkap sesuai dengan undang-undang saat ini dengan denda yang sangat besar. Saya mengimbau jangan ada yang membakar lagi," tegasnya.

Dengan adanya larangan langsung dari Danramil dan Kapolsek, masyarakat akan sadar dan tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar. Kata dia, segala upaya telah dilakukan, baik sosialisasi langsung ke tengah masyarakat dengan memasang spanduk larangan membakar.

"Kita harap semua warga masyarakat akan menyadarinya dan mematuhi larangan membakar lahan dan hutan semua ini demi kenyamanan dan menjadikan masyarakat yang aman dan sehat," jelasnya. ***