JAKARTA - AirAsia Indonesia (kode maskapai QZ) hari ini sukses melakukan penerbangan perdana rute Jakarta-Pekanbaru dengan menggunakan armada Airbus A320. Ini merupakan rangkaian dari peresmian penerbangan perdana dua rute domestik lainnya, yaitu Bandung-Bali dan Jakarta-Padang.

Dalam penerbangan QZ 802 yang berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 07:30 dan tiba di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II pukul 09:10 ini, AirAsia berbagi kebahagiaan dengan membagikan cinderamata bagi seluruh penumpang.

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Siaga mengatakan, “Hari ini merupakan hari yang istimewa bagi keluarga besar AirAsia Indonesia. Kami berterima kasih kepada pemerintah daerah, Angkasa Pura II, Airnav Indonesia dan otoritas kesehatan atas kelancaran penerbangan perdana ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu yang telah mempercayakan pilihannya untuk terbang bersama AirAsia di ketiga rute domestik terbaru tersebut.”

“Dengan semakin meluasnya konektivitas domestik yang dilayani AirAsia dan disertai dengan penawaran harga terjangkau dan bagasi gratis 15 kg, kami berharap dapat melayani semakin banyak masyarakat Indonesia, sehingga bersama-sama kita dapat berkontribusi lebih besar dalam memulihkan pariwisata dan ekonomi nasional. AirAsia juga terus mengimbau seluruh pelanggan yang akan bepergian untuk selalu mengikuti arahan protokol kesehatan untuk mendukung terciptanya ekosistem transportasi dan pariwisata yang aman dan nyaman demi kepentingan bersama,” tambah Vera.

GoRiau Penumpang penerbangan QZ 802 J
Penumpang penerbangan QZ 802 Jakarta-Pekanbaru dengan cinderamata AirAsia.

Selain peresmian yang dilakukan di rute Jakarta-Pekanbaru, AirAsia juga memberikan cinderamata ke seluruh penumpang penerbangan perdana rute Bandung-Bali dan menyediakan bingkisan hidangan Nasi Padang Uda Ratman bagi seluruh penumpang penerbangan perdana rute Jakarta-Padang.

Dalam rangka memeriahkan peresmian 3 rute baru ini, AirAsia menawarkan harga spesial mulai Rp471.000 untuk Jakarta-Pekanbaru, Rp489.000 untuk Jakarta-Padang, dan Rp745.000 untuk Bandung-Bali*. Penawaran ini sudah termasuk bagasi gratis 15 kg per penumpang.

Tiket sudah tersedia untuk dipesan mulai hari ini melalui situs dan aplikasi airasia.com serta agen-agen perjalanan terkemuka di berbagai kota.

Sebagai informasi, AirAsia Indonesia (kode penerbangan QZ) meraih peringkat tertinggi berupa tujuh bintang penuh untuk COVID-19 Health Ratings yang diberikan oleh para ahli aviasi di Airlineratings.com. Penilaian dilakukan berdasarkan tujuh kriteria termasuk informasi prosedur COVID-19, penggunaan masker, perlengkapan pelindung diri untuk para awak pesawat, penyesuaian layanan makanan dalam pesawat, pembersihan pesawat secara rutin, penyediaan perlengkapan sanitasi, dan pembatasan sosial di dalam pesawat.

AirAsia menerapkan standar ketat dalam pengangkutan penumpang dan barang sebagaimana yang ditetapkan oleh pemerintah, otoritas penerbangan sipil dan badan kesehatan setempat dan global, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Seluruh armada AirAsia telah dilengkapi dengan fitur penyaring udara HEPA (High Efficiency Particulate Arresters), yang dapat menyaring 99.9% partikel debu dan kontaminan di udara seperti virus dan bakteri dan memperbarui udara setiap 2-3 menit. Pesawat yang digunakan langsung didesinfeksi segera setelah selesai penerbangan sesuai dengan standar keselamatan operasional AirAsia. ***