TELUKKUANTAN - Pacu jalur tidak hanya mengandung unsur olahraga semata. Tapi juga merupakan produk budaya dan karya seni masyarakat, seni ukur, seni tari dan artistik lainnya.

Hal itu disampaikan Bupati Kuansing, Drs. H. Mursini, MSi saat membuka pacu jalur rayon I Tepian Lubuok Sobau Kuantan Hilir Seberang (KHS), Kamis (4/7/2019) siang.

"Filosopi pacu jalur adalah gotong royong, misyawarah mufakat, rasa persatuan dan kesatuan. Itu harus diaplikasikan dalam langkah perbuatan, sifat dan sikap setiap insan di negeri ini," ujar Mursini.

Dikatakan Mursini, pacu jalur merupakan kebanggaan masyarakat Kuansing. Untuk itu, semua orang bertanggungjawab untuk kelestariannya.

"Mari kita sukseskan pacu jalur Rayon I KHS di Tepian Lubuok Sobau," ajak Mursini. Ia mengapresiasi persiapan yang dilakukan panitia untuk mensukseskan iven ini.

Pacu jalur Rayon I KHS akan berlangsung selama tiga hari. Dimulai hari ini dan berakhir pada Sabtu (6/7/2018) mendatang. Dimana, ada 72 jalur yang akan memperebutkan hadiah berupa uang tunai puluhan juta.***