PEKANBARU - Sejak Januari 2020, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pekanbaru sudah membagikan 12.000 lebih Health Alert Card (HAC) kepada Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA), yang masuk ke Provinsi Riau melalui pelabuhan dan bandar udara.

Hal itu dikatakan Kepala KKP Kelas II Pekanbaru, Sarifuddin Saragih kepada GoRiau.com, Selasa (3/3/2020) usai konferensi pers di Kantor Gubernur Riau. Pemberian HAC ini dilakukan untuk WNA dan WNI yang masuk dari luar negeri ke Riau.

''Pemberian HAC ini tidak hanya penerbangan dari luar negeri saja. Tapi pemerbangan dalam negeri juga diberikan sebagai bentuk antisipasi,'' kata Sarifuddin.

Ia mengatakan, pembagian dilakukan di atas pesawat dan kapal. Seperti yang dilakukan di pelabuhan yang berada di Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti. Sebab di pelabuhan ini ada kapal yang masuk dari Malaysia.

''Awalnya kita bagikan HAC dikedatangan, karena banyak komplain dari Imigrasi dan Bea Cukai. Jadi kita bagikan di atas pesawat dan kapal,'' ujar Sarifuddin.

Untuk diketahui, dengan mewabahnya virus corona di sejumlah negara termasuk Indonesia, pihak terkait membagikan Health Alert Card untuk diisi oleh penumpang yang menggunakan jasa penerbangan dan kapal laut.

Dimana Health Alert Card bukan kartu sakti, melainkan sebagai early warning system terhadap penyebaran virus corona. Di Riau HAC sudah mulai dilaksanakan sejak Januari 2020 oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pekanbaru. ***