PEKANBARU – DPD PDIP Riau beberapa hari kedepan mulai membuka penjaringan Calon Kepala Daerah (Cakada) yang nantinya akan diusung pada Pilkada serentak di Provinsi Riau.

"Berdasarkan instruksi dari DPP PDIP, Insya Allah beberapa hari kedepan DPD PDIP Riau akan membuka penjaringan Calon Kepala Daerah di Kabupaten dan Kota termasuk untuk Calon Gubernur (Cagub) Riau," kata Sekretaris DPD PDIP Riau Kaderismanto kepada goriau.com, Kamis (28/3/2024).

Dalam penjaringan tersebut jelas Kade, PDIP akan memprioritaskan kadernya yang berkeinginan maju sebagai Cakada, sambil menjaring para tokoh lainnya di luar partai," Insya Allah akan kita mulai dalam minggu ini, "jelas Kade.

Saat ini terang Kade DPD PDIP Riau tengah melakukan konsolidasi dengan DPC PDIP Kabupaten dan Kota agar penjaringan Cakada ini bisa dibuka serentak di Riau.

"Penjaringan ini sambil melakukan pemetaan terhadap calon-calon yang ada di daerah, kemudian akan kita seleksi, nantinya yang akan memutuskan siapa yang akan diusung di Pilkada serentak adalah DPP PDIP," ucapnya.

Lanjut Kade para kader maupun tokoh yang berminat diusung oleh PDIP nantinya bisa mendaftar di DPC PDIP untuk Cakada Bupati dan Walikota dan untuk Cagub Riau dapat mendaftar di kantor DPD PDIP Riau.

Penjaringan ini tambah Kade akan dibuka hingga Agustus mendatang dan para Cakada setelah lolos seleksi dan mendapatkan rekomendasi dari PDIP akan menempuh Diklat khusus Cakada. ***