SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Pada hari ulang tahun (HUT) gerakan pramuka ke-52 tahun ini, secara umum, kwartir cabang (kwarcab) gerakan pramuka Siak, menduduki peringkat ke-5 se-Riau dalam hal kegiatan kepramukaan. Namun demikian, dibidang kekhususan seperti pengembangan kwarcab, tata administrasi dan kehumasan, Siak berhasil duduk diperingkat kedua dari 12 kwarcab se-Riau setelah kwarcab Bengkalis.

Atas prestasi tersebut, Kakwarcab Gerakan Pramuka 04 Siak, Alfedri MSi bersama Asisten Administrasi Umum Drs Jamaluddin dan Kabag Humas Siak Zulfikri SSos MM, dianugerahi piagam penghargaan yang diserahkan langsung Kamabida Riau H Azaly Johan dan Kakwarda Riau Hj Septina Primawati Rusli didampingi bupati Siak Drs Syamsuar MSi, dalam upacara HUT ke-52 Gerakan Pramuka yang dipusatkan di Lapangan Tugu depan istana Siak, Minggu (18/8/2013).

Kakwarcab Siak Alfedri MSi kepada wartawan selepas menerima penghargaan, mengaku memegang komitmen untuk mengembangkan gerakan pramuka seantero Siak demi kontribusi bagi gerakan pramuka secara umum tidak hanya di Riau namun hingga nasional bahkan internasional.

''Langkah-langkah menuju kearah itu telah kita jalankan, hasilnyapun sudah mulai tampak, terbukti, tahun ini kita berhasil menduduki peringkat 5, lebih baik dari tahun lalu yang berada diposisi 9 se-Riau,,'' ungkap Wakil Bupati Siak ini.

Keseriusan Kwarcab Siak dalam pengembangan Gerakan Pramuka, lanjutnya, telah pula diwujudkan dalam kesiapsediaan Kwarcab Siak sebagai tuan rumah gelaran perkemahan penggalang se-Riau tahun ini. ''Kita juga telah memiliki bumi perkemahan di wilayah desa Merempan Hilir, Kecamatan Mempura yang diberi nama Bumi Perkemahan Buang Asmara. Di bumi perkemahan Buang Asmara inilah, gelaran perkemahan besar penggalang se-Riau dilaksanakan mulai 18-21 Agustus mendatang,'' jelas Alfedri.

Selain itu, terangnya, demi suksesnya pengembangan Gerakan Pramuka hingga pelosok, dirinya telah pula melantik mabiran dan kwarran di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Siak. (sks)