RENGAT – Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD 2023 tingkat kabupaten, Selasa (29/3/2022) di Aula Bappeda Inhu.

Mewakili Bupati Rezita Meylani Yopi, Wakil Bupati Inhu, Junaidi Rachmat saat membuka acara mengatakan, Musrenbang RKPD diselenggarakan untuk mengakomodir kepentingan masyarakat, menghasilkan rencana program dan kegiatan pembangunan yang lebih aspiratif pada 2023.

"Bahkan, program yang transparan serta dapat dipertanggungjawabkan, terfokus pada realisasi aspirasi masyarakat," katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, Musrenbang untuk 2023 dengan mengangkat tema 'meningkatkan sumber daya manusia  yang unggul guna mendukung pemulihan ekonomi daerah' dan untuk menyelaraskan prioritas pembangunan Provinsi Riau.

Sedangkan, Provinsi Riau yang lebih awal mengangkat tema 'memantapkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan publik dan daya saing daerah yang kompetitif' dan dengan demikian, sehingga Pemkab Inhu memfokuskan pada peningkatan SDM unggul, pemulihan dan pengembangan ekonomi daerah.

"Selain itu, juga pengembangan destinasi wisata dan peningkatan pembangunan infrastruktur," ujar Junaidi.

Tentunya, fokus tersebut melalui tahapan perencanaan pembangunan mulai dari Musrenbang desa/kelurahan sampai forum perangkat daerah yang telah selesai 25 Maret 2022 lalu. 

Harapannya, perencanaan pembangunan yang dirancang bersama ini tidak hanya sekadar upaya untuk menyelesaikan permasalahan.  Namun, mampu mengantisipasi permasalahan di masa datang dengan komitmen tinggi dan dukungan dari semua pihak.

Sementara itu, Kepala Bappeda, Indragiri Hulu Bobby Maulianto menyebutkan, dasar acara Musrenbang adalah UU nomor 25 tahun 2004, UU nomor 23 tahun 2014  dan Permendagri nomor 86 tahun 2006.

"Jadi, tujuan Musrenbang RKPD  ini adalah menyetujui dan menyepakati prioritas program pembangunan," ujarnya.

Bahkan, dilaksanakannya Musrenbang ini adalah untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah.***