BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM - Menjelang digelarnya Musyawarah Daerah (Musda) yang pertama Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Rokan Hilir yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 10 hingga 12 Maret mendatang, pihak Pemerintah Kabupaten Rohil tengah melakukan persiapan,salah satunya membentuk Panitia.karena 12 Kabupaten di Riau,hanya Rohil yang belum terbentuk kepengurusan LAM.

Wakil Bupati Rohil,Erianda pada Rabu (21/1) memimpin Rapat di lantai IV Kantor Bupati Rohil dijalan Merdeka Bagansiapiapi.Rapat itu dihadiri oleh Plt.Sekdakab Rohil,M.Job Kurniawan,Anggota DPRD Rohil,Perwedissuito,Rasyid Abizar,para kepala Dinas,Camat dilingkungan pemkab Rohil.

Wabup Erianda mengatakan,Musda Pertama yang direncanakan dilaksanakan 10 hingga 12 Maret mendatang,pihak panitia akan mengundang 700 Undangan yang tersebar didaerah Propinsi Riau."kita akan Undang seluruh LAM kabupaten seriau,Anggota DPRD,para Tokoh adat,kelompok Masyrakat Rohil yang berada di Luar daerah,ketuaSuku,Camat,Datuk penghulu serohil beserta Undangan lain nya.untuk itu kita berharap kepada Panitia yang nantinya terbentuk untuk bekerja semaksimal mungkin untuk melengkapi segara fasilitas."pinta Erianda.

Dilanjutkan,Rencananya Musda Pertama LAM Rohil ini akan dibuka ditaman Budaya Batu Enam Bagansiapiapi,kemudian barulah dilakukan pengukuhan kepada pengurus LAM yang baru yang rencananya akan dilaksanakan di gedung Serba guna Bagansiapiapi.selain itu Bupati Rohil,Suyatno juga diberikan Gelar Sebagai Datuk setia Amanah yang nantinya akan dilantik oleh LAM Propinsi Riau.untuk itu kita meminta kepada Panitia untuk bekerja dengan maksimal,sehingga Musda Pertama LAM rohil itu nantinya berjalan dengan lancar dan sukses seperti apa yang kita harapkan,"harap Erianda.

Terpisah,Anggota DPRD Rohil,Perwedissuito kepada Metro Riau mengatakan,dengan Musda LAM Rohil ini nantinya kepada Pengurus yang baru diharapkan mampu mengembangkan Budaya Melayu,karena selama ini banyak terjadi pergeran budaya,sehingga para Remaja kita terkesan menganggap Remeh dengan Budaya.

Untuk itu kita berharap kedepan nya supaya LAM Rohil mampu menjunjung tinggi Budaya melayu serta mampu memberikan pengarahan kepada masyrakat terutama para Remaja. Selain itu kita juga berharap saat Muda LAM nanti para tokoh -tokoh senior yang ada dikecamatan untuk dilibatkan"ujar Perwedis dengan singkat. (amr)