PANGKALAN KERINCI -Bupati Pelalawan, H Zukri didampingi Wakil Bupati, H Nasarudin menyerahkan bantuan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan kepada masyarakat penerima bertempat di gedung daerah Laksmana Mangkudiraja, Pangkalan Kerinci, Senin (20/12/2021).

Bantuan tahun anggaran 2021 itu diserahkan secara simbolis kepada beberapa petugas rumah ibadah, anak yatim, lansia, janda tua, disabilitas, mahasiswa dan penyintas Covid-19.

Pemkab Pelalawan memberikan bantuan pendidikan kepada 2008 mahasiswa dengan rincian S1 sebesar Rp 2 juta dan D3 Rp 1,5 juta.

Insentif bagi petugas rumah ibadah sebanyak 400 orang penerima dengan rincian imam, pendeta, biksu dan pemangku Rp 400 ribu perbulan. Sedangkan muazin, sintua, pandita dan penandita Rp 250 ribu perbulan.

Santunan anak yatim sebanyak 1955 penerima Rp 250 ribu perbulan. Kemudian bantuan sosial lansia sebanyak 80 orang penerima dengan besaran Rp 300 ribu perbulan. Bantuan sosial janda tua 100 orang penerima dengan besaran bantuan Rp 300 ribu per bulan.

Bantuan terpapar Covid-19 dengan 383 orang penerima dengan besaran Rp 500 ribu dan bantuan terpapar Covid-19 meninggal untuk 65 orang masing-masing Rp 1 juta. Serta bantuan disabilitas 40 penerima masing-masing Rp 3,6 juta.

Bupati Zukri dalam sambutannya mengatakan, satu persatu sari program Zukri-Nasar mulai disalurkan kepada masyarakat penerima di Kabupaten Pelalawan.

"Tentu masih banyak kekurangan dan kelemahan, mungkin data penerimanya masih kurang. Insya Allah tahun depan adalah penyempurnaan data-data itu," ucapnya.

Bantuan pada tahun ini, diakui Bupati Zukri masih banyak yang belum menerima. Namun data penerima akan disempurnakan pada tahun depan, sehingga masyarakat penerima dapat menikmati bantuan program Zukri-Nasar.

"Bantuan ini bukan cuma sekali setahun baik untuk imam masjid, muazin, pendeta, lansia, janda tua dan anak yatim. Bantuan akan diberikan juga tahun depan," tandasnya.***