PEKANBARU - Anggota DPRD Riau, Marwan Yohanis mengaku sangat prihatin dengan pernyataan Presiden Jokowi yang menyebut kuliner Babi Panggang (Bipang) Ambawang dalam daftar jajanan kuliner yang bisa dipesan untuk merayakan idul Fitri.

"Disaat ummat mau merayakan hari kemenangan, kita malah diributkan dengan hal-hal seperti ini, kita sangat menyayangkan, sangat prihatin kita, dan kita sangat-sangat tidak mengerti, kenapa pemerintah selalu di momen yang mestinya menyenangkan, malah mengeluarkan pernyataan yang sangat konyol," ujar Politisi Gerindra ini kepada GoRiau.com, Senin (10/5/2021).

Disampaikan Marwan, dia tidak bermaksud membenci makanan tertentu, namun setidaknya tolong dihargai ummat Islam yang tengah menantikan masa-masa kemenangan usai berpuasa sebulan ramadhan.

"Saya terus terang saja, kalau salah itu diperbaiki, bukan untuk disembunyikan. Ini salah tapi mau disembunyikan. Bangsa kita pemaaf kok. Kalau orang salah, ya minta maaf. Ini malah mencari dalil pembenarannya," tambahnya.

Marwan menyinggung revolusi mental yang digaung-gaungkan sejak Pilpres 2014 lalu, dimana saat itu dia secara pribadi menyambut baik gagasan tersebut. Karena, dia memang melihat kondisi mental bangsa sedang rusak-rusaknya.

Mental bangsa ini, sambung Marwan, sudah sangat rusak dengan adanya buzzer-buzzer di media sosial. Bahkan, hal-hal yang baik sekalipun tetap menjadi bahan bully-an oleh pihak-pihak yang tidak senang.

"Ketika orang melakukan hal baik, kalau tak bisa membantu setidaknya diam, tapi sekarang malah dikata-katain. Saya sangat apresiasi revolusi mental, walaupun saya berbeda pilihan politik waktu itu. Saya melihat ada setitik harapan, tapi kita lihat sekarang justru mental semakin bobrok, mental apa yang berhasil direvolusi oleh pemerintah ini? Coba sebut saja satu hal yang berhasil di-revolusi mental?" tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi ajak masyarakat Indonesia untuk belanja online menjelang Lebaran saat ini. Salah satunya belanja kuliner khas daerah, untuk mengobati kerinduan pada kampung halaman.

"Untuk bapak ibu dan saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasannya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online," kata Jokowi dalam video

"Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang ambawang dari Kalimantan dan lain-lainnya tinggal pesan, dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah," katanya. ***