PEKANBARU - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan dan pencegahan wabah Covid-19, Ikatan Mahasiswa Baturijal, Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, melakukan bakti sosial (Baksos) bersih-bersih masjid dan penyemprotan cairan disinfektan.

Ketua Ikatan Mahasiwa Baturijal, Yoga Yudha Tama mengatakan, bahwa kegiatan baksos ini dilakukan di seluruh rumah ibadah yang ada di Baturijal, yakni dimulai dari dua rumah ibadah di Baturijal Barat, sepuluh rumah ibadah di Baturijal Hulu dan delapan rumah ibadah di Baturijal Hilir.

"Totalnya ada 20 rumah ibadah yang kami bersihkan sekaligus disemprot pakai cairan disinfektan. Kami mengerjakannya juga bertahap mulai 4 April 2020 hingga tanggal 17 April 2020. Dalam seharinya anggota yang datang ke lokasi sekitar sepuluh orang atau dibatasi, sehingga kami mampu menyelesaikan dua hingga tiga rumah ibadah setiap harinya," kata Yoga kepada media di Pekanbaru, Senin (20/4/2020).

Ia pun berharap dengan adanya baksos ini, lingkungan masjid di Baturijal dapat senantiasa bersih dan terhindar dari wabah Covid-19.

"Dengan demikit kami berharap juga, masyarakat tidak perlu resah dengan wabah ini. Mari bersama-sama meminta perlindungan dari Allah agar dijauhkan dari wabah ini," ujarnya didampingi Roswinda selaku Wakil Ketua Ikatan Mahasiswa Baturijal.

Untuk diketahui, kegiatan baksos Ikatan Mahasiswa Baturijal ini didukung oleh Anggota DPRD Inhu yang ada di Kecamatan Peranap yaitu Dodi Irawan, Rizal Zamzami dan Elda Sanuhara, Kepala Desa Baturijal Sabawaihi, Kepala Desa Baturijal Barat Junaidi, Kepala Desa Baturijal Hulu dan Adi Indra selaku Lurah Baturijall Hilir, dan seluruh masyarakat Baturijal. ***