PEKANBARU - Tim gabungan saat ini masih melakukan pemadaman Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Meranti. Lokasi Karhutla yang jauh dari sumber air cukup menyulitkan ketika akan dilakukan pemadaman.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau M Edy Afrizal melalui Kabid Kedaruratan Jim Gafur mengatakan, dalam melakukan upaya pemadaman Karhutla di Meranti, pihak BPBD setempat sudah meminta bantuan dari BPBD Riau. Hal tersebut dikarenakan lokasi Karhutlanya yang terus meluas.

“Saat ini Karhutla di Meranti masih terjadi, tim gabungan juga masih terus melakukan upaya pemadaman melalui jalur darat,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, karena Karhutla sudah terus meluas, pihak BPBD Meranti juga sudah meminta bantuan peralatan ke BPBD Riau. Bantuan peralatan yang diminta berupa mesin pompa dan juga selang.

“Pihak BPBD Meranti meminta bantuan peralatan berupa pompa dan selang. Karena lokasi Karhutla cukup jauh dari sumber air sehingga memerlukan tambahan selang,” sebutnya.

Terkait permintaan bantuan tersebut, saat ini pihaknya sedang mempersiapkannya. Karena bantuan yang akan dikirim disesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi dilokasi.

“Lokasi Karhutla dengan pelabuhan itu sekitar 1,5 km, dan jalannya menuju lokasi juga hanya bisa diakses menggunakan sepeda motor. Jadi alatnya juga tidak bisa yang terlalu besar,” ujarnya. ***