RENGAT - PKS mengklaim Pasangan Calon Pilkada Inhu, Rizal Zamzami - Yoghi Susilo akan keluar sebagai pemenang dari empat lainnya, dengan perolehan suara yang sangat tipis.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu PKS Riau, Markarius Anwar mengatakan, berdasarkan hasil real count internal yang dilakukan pihaknya hingga tengah malam tadi, Paslon dengan julukan RIDHO itu menang 1.489 suara.

"Alhamdulillah, sampai tengah malam tadi, kita unggul tipis dari Paslon yang ada, itu sudah 100 persen dari data C1 kita,"  kata Markarius kepada GoRiau.com, Kamis pagi, (10/12/2020).

Sebelumnya, berdasarkan quick count, PKS juga mengungkapkan Paslonnya unggul tipis dengan istri Bupati Inhu, Rezyta Meylani yang berpasangan dengan Junaedi, maupun dengan Paslon lainnya.

“Hasil final hitung cepat internal PKS, Pasangan Ridho unggul dengan perolehan suara 25,03% di atas pasangan Rezita-Junaidi (Rajut) dengan perolehan suara 24.68%,” ungkap ketua Umum DPW PKS Riau Hendry Munief, Kamis malam (10/12/2020).

Pasangan Ridho ini, sambung Hendry, unggul di sejumlah daerah strategis dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) besar seperti Rengat, Pasir Penyu, Kelayang, dan Lirik. Selain itu juga, pasangan Ridho menang di daerah Peranap dan Batang Peranap.

Berkaitan dengan metodologi, politisi berlatar belakang pengusaha tersebut mengungkapkan bahwa Hitung Cepat Internal PKS memberlakukan Margin of Error kurang lebih sebesar 3% pada tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Penarikan sampel TPS menggunakan simple random sampling. Validasi sampel dilakukan dengan membandingkan proporsi jumlah TPS antara populasi dan sampel. Hasil validasi sampel menunjukkan selisih antara proporsi TPS populasi dan sampel berada dalam rentang Margin of Error. ***