SIAK - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupatrn Siak telah mengkucurkan dana sebesar Rp3,44 Miliar untuk membantu penanganan Covid-19 di Siak.

Anggaran tersebut telah dikeluarkan Baznas terhitung sejak bulan Februari hingga Mei. Dana tersebut diperuntukkan untuk membeli bantuan alat perlindungan diri (APD) seperti baju Hazmat, masker, Face Shield, hand sanitizer dan Handscoon.

Selanjutnya Baznas Kabupaten Siak juga telah memberikan bantuan berupa Sembako untuk 8.561 Kepala Keluarga.

"Dampak pandemi Covid-19 ini, sangat mengganggu kehidupan dan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, Seluruh Baznas se-Indonesia juga harus menentukan anggaran untuk menangani kasus Covid ini. Termasuk Baznas Siak sudah kucurkan Rp3,44 M," Kata Ketua Baznas Siak, Abdul Rasyid, Rabu (10/6/2020).

Dikatakan Rasyid, ke depan Baznas Siak akan melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya yang muslim dengan pola produktif yang difokuskan kepada UMKM.

Karena memang UMKM di Siak termasuk kelompok yang sangat dirugikan akibat Covid-19 ini. Untuk itu nanti akan ada pemberdayaan kepada mereka," Kata dia.

Sebagai informasi, Baznas pusat dan LAS telah mengkucurkan dana penanganan Covid-19 mencapai Rp250 Milyar yang digunakan untuk penyaluran bantuan kepada ODP, PDP, Pemulasaran Jenazah, Bantuan Tunai, Sembako dan Bantuan untuk UMKM. (advertorial)