PANGKALAN KERINCI - Komitmen PT Pusaka Megah Bumi Nusantara (PT.PMBN)  dalam merealisasikan program Corporate Social Responsibility (CSR) jangan diragukan lagi. Sentuhan berbagai  program CSR sudah sangat dirasakan masyarakat yang berdampingan dengan perusahaan, baik di bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, lingkungan, sosial dan infrastruktur.

PT.PMBN, sebagai salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit, yang  beroperasional di Provinsi Riau senantiasa ingin agar keberadaan perusahaan dapat  membantu kesejahteraan masyarakat.

Kali ini, manfaat CSR PT. PMBN dirasakan masyarakat Dusun Pesawoan Desa Kiap Jaya Kecamatan Bandar Sei Kijang Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau, berupa bantuan peternakan ikan. 

Bantuan yang disalurkan adalah bibit ikan nila 800 ekor, kolam bioflok 4 kolam, pakan ikan   sebanyak 120 kg dan peralatan lainnya, seperti jaring, aerator dan lainnya. 

"Pada dasarnya  bantuan CSR perusahaan meliputi 6 aspek, yaitu sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan lingkungan.  Dan kali ini, kami (PT.PMBN) berada di Desa Kiap Jaya  ingin berperan serta dalam hal pembangunan ekonomi dengan sarana memberikan bantuan ternak ikan air tawar, berupa kolam terpal (bioflok) sebanyak 4 kolam," beber Welly Pardede, Head Sustainability Operation & CSR pada 22 Juli 2019, saat penyerahan bibit ikan.

Dalam pelaksanaan program csr, kami selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan dinas terkait di pemerintah daerah. Khusus di bidang ternak ikan ini, kami harap  bimbingan teknis budidaya nya diberikan langsung kepada penerima program.

Untuk ternak ikan sistem bioflok ( terpal ) ini merupakan pengembangan teknologi perikananan, siasati keterbatasan tempat untuk membuat kolam gali, sehingga memungkinkan kita dapat lebih fokus , baik dari kesehatan kolam dan perhitungan sisi ekonomi nya.

Kolam ini sebagai contoh, dan kami yakin ini akan berhasil. 

"Dengan demikian harapan kami  program ini dapat berkembang yang kemudian menjadi contoh bagi masyarakat lain. Jika keberadaan kolam semakin banyak maka tidak mustahil program yang dicanangkan pemerintah dapat diwujudkan. Dan desa-desa tersebut menjadi sentra ikan air tawar di Kabupaten Pelalawan," sebutnya.

"Semoga keberadaan perusahaan  dapat menambah kesejahteraan masyarakat seputar perusahaan. Dan kelompok ternak Pusaka Jaya lebih maju dan berkembang," harapnya.

Sementata Bedian Satria, Manager Kebun Rantau Baru menjelaskan, bantuan ini sebagai salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap desa dan warga masyarakat sekitar. Penentuan kelompok penerima bantuan ini sudah kami diskusikan dengan pihak pemerintah desa. Semoga ternak ikan air dapat berkembang dengan baik, tidak hanya satu generasi tetapi terus berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan dapat dicontoh oleh warga masyarakat yg lain," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Kiap Jaya mengucapkan terima kasih kepada PT PMBN  yang seringkali memberikan bantuan untuk warga Desa Kiap Jaya ini. "Kami yakin dengan keseriusan kelompok ternak dalam berternak, program ini dapat berkembang dengan baik, sehingga tujuan kita dapat tercapai yaitu berperan serta dalam pembangunan ekonomi kemasyarakatan. Semoga ke depan PT.PMBN lebih maju dan sukses," doanya.

Ir Tengku Wahidudin selaku Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten sangat mengapresiasi realisasi program CSR yang banyak memberikan bantuan untuk usaha peningkatan ekonomi di masyarakat, utamanya di bidang perikanan air tawar. Hal ini sangat sesuai dan terintegrasi dengan program pemerintah yang diantaranya adalah mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan penghasilan masyarakat.

"Untuk itu, kami berpesan kepada kelompok Pusaka Jaya, supaya berhasil kita harus tahu tentang teknis budidaya, pemanenan dan pengolahan / pasarnya," mintanya.

Nasri Lubis, penerima manfaat CSR PT.PMBN, mengucapkan terima kasih untuk perusahaan yang telah peduli kepada kami (masyarakat). "Kami berjanji akan merawat dan menjaga kolam ini. Kami juga akan ikuti petunjuk arahan dari Dinas Perikanan supaya dapat berhasil dengan baik. Semoga perusahaan PT.PMBN ini semakin maju dan sukses," ujar nya. ***