PEKANBARU - Sedikitnya 36 titik panas (hotspot) terdeteksi di Provinsi Riau hari ini, Sabtu (28/3). Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puluhan titik panas itu tersebar di tujuh kabupaten dan kota se-Riau.

Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Yudhistira Mawaddah mengatakan, titik panas terbanyak terpantau di Kabupaten Pelalawan. “Di Kabupaten Pelalawan terdapat 23 titik, kemudian 6 titik di Kabupaten Indragiri Hulu, 2 titik di Kabupaten Bengkalis dan Kepulauan Meranti. Serta di Kabupaten Rokan Hilir, Siak dan Indragiri Hilir, masing-masing terdapat 1 titik panas,” paparnya.

Berdasarkan pantauan melalui citra satelit, satu titik panas yang terdapat di Kabupaten Pelalawan, berada pada level confidence tinggi, sehingga dipastikan merupakan titik api. Sementara itu, 28 titik panas yang ada di Riau berada pada tingkat kepercayaan sedang dan 7 titik lainnya di tingkat kepercayaan rendah.

Sementara untuk pantauan cuaca, hari ini hujan masih akan mengguyur sebagian besar wilayah Riau. Hujan akan terjadi mulai sore hingga Ahad (29/3) dini hari. Sementara pada siang hari seluruh wilayah Riau diprediksi cerah berawan dan tidak terdapat potensi hujan.

''Siang hari cerah berawan hingga berawan. Sore hingga malam hari, potensi hujan ringan hingga sedang yang dapat disertai petir terjadi di hampir sebagian besar wilayah Riau. Sedangkan pada dini hari, potensi hujan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, Bengkalis, Pelalawan, Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu,'' terangnya.

Selain itu, BMKG juga memberikan peringatan dini terhadap potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah. “Waspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi disebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu , Siak, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir pada sore dan malam atau hari,” tutupnya. ***