PEKANBARU – Memanaskan sepeda motor biasanya dilakukan di pagi hari sebelum berkendara. Hal ini diperlukan agar oli sepeda motor bisa bekerja maksimal saat motor dibawa berkendara.

"Tapi masih ada dari kita yang mager untuk manasin motor kesayangannya. Padahal banyak dampaknya kalau kita malas manasin motor," kata Sales Area Promosi Yamaha Pekanbaru, Pandu ketika berbagi tips merawat sepeda motor.

Dampak pertama karena malas memanaskan sepeda motor, kata Pandu, oli akan mengental.

"Oli mesin Motor Brosis akan mengental jika motor Brosis tidak dipanaskan terlebih dahulu. Karena mesin motor yg dalam keadaan mati mempunyai suhu yg dingin, dan oli mesin akan turun dan mengendap dibagian dalam mesin," ungkapnya.

Kedua, konsumsi bahan bakar jadi lebih banyak dari biasanya karena oli yang mengental.

"Kerja mesin sepeda motor Brosis akan lebih berat dari biasanya, sehingga akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar motor kesayangan Brosis, jadi ga irit lagi deh," jelasnya.

Ketiga, voltase aki sepeda motor Brosis jadi lemah.

"Voltase aki sepeda motor kesayangan Brosis jadi melemah, karena tidak digunakan. Yang akhirnya usia aki motor Brosis jadi pendek, dan harus beli lagi deh," jelasnya.

Untuk itu, Pandu pun mengimbau agar Brosis Yamaha selalu rajin memanaskan sepeda motor.

"Yah, begitu lah Brosis dampaknya kalau kamu mager untuk manasin motor kesayangan kamu. Jadi, jangan mager ya," ingatnya. ***