PEKANBARU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau mulai Kamis 7 Maret hingga 9 Maret 2024, menggelar rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat Provinsi Riau.

"Hari ini kita mulai pleno rekapitulasi penghitungan suara hingga tanggal 9 Maret 2024, taglinenya tentatif karena ini tergantung dari hasil pembacaan," kata Ketua KPU Riau Rusidi Rusdan disela-sela rapat pleno yang digelar di Hotel Aryaduta Kota Pekanbaru.

KPU Riau jelas Rusidi berharap dan berdoa semoga semua proses rekapitulasi tersebut berjalan lancar karena pleno rekapitulasi di tingkat provinsi ini hanya mengkoordinir dari hasil pleno KPU kabupaten dan kota

"Jadi residu-residu itu sudah dibersihkan KPU di tingkat kabupaten dan kota dengan saksi peserta Pemilu dan Bawaslu serta stakeholder lainnya," ucapnya.

KPU Riau, lanjutnya, termasuk yang tercepat yang menggelar pleno rekapitulasi penghitungan suara, sementara di provinsi lainnya masih rekap di tingkat kabupaten. Untuk itu, Rusidi mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Riau, Pj Gubernur Riau, Bawaslu dan pihak terkait lainnya,’’terutama ucapan terimakasih kami sampaikan kepada sahabat-sahabat media yang telah menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat terkait pendidikan politik, pendidikan demokrasi kepada seluruh lapisan masyarakat,’’ ujarnya.

"Tanpa media, Pemilu kita akan sepi, pesan-pesan informasi yang disampaikan media kepada masyarakat ini berperan penting dalam suksesnya Pemilu di Riau, terutama target partisipasi pemilih sangat tinggi di Riau," imbuhnya. ***