PEKANBARU - Arsyadjuliandi Rachman atau biasa disapa Andi Rachman berhasil mengalahkan calon pesaingnya, Syamsuar pada penjaringan suara dukungan sebagai calon Ketua DPD I Partai Golkar Riau yang dilaksanakan hari ini, Jumat (28/2/2020). Mantan Gubernur Riau Andi Rachman berhasil mengumpulkan 12 dukungan dari 18 pemilik suara atau 66 persen, sementara Gubernur Riau Syamsuar hanya mengumpulkan 6 suara dari 18 pemilik suara atau hanya 33 persen sesuai surat dukungan yang dikumpulkan saat pendaftaran.

Berdasarkan data yang masuk ke panitia Musda Golkar Riau hingga sore ini, Jumat (28/2/2020) pukul 18.00 WIB, hanya ada dua calon yang mengembalikan formulir. Sesuai dengan syarat pendaftaran, seorang calon yang diusulkan minimal mendapatkan 30 persen dukungan dari 18 pemegang hak suara, karena itu, baik Andi Rachman maupun Syamsuar sudah sah menjadi calon Ketua Golkar Riau karena mendapat lebih dari 30 persen dukungan.

Hanya saja, apakah dukungan ini akan mencerminkan Andi Rachman otomatis akan memenangkan perebutan Ketua DPD I Golkar Riau? Menurut informasi yang diperoleh GoRiau.com, karena keduanya sudah memenuhi persyaratan, maka keduanya boleh dipilih oleh peserta.

Jika dukungan yang diperoleh masing-masing tetap akan sama dengan saat pemilihan, otomatis Andi Rachman kembali memimpin Golkar Riau, namun jika pada saat Musda ada suara yang pindah, kemenangan Andi Rachman bisa tertunda.

Sementara itu, pantauan GoRiau.com di Sekretariat DPD I Partai Golkar, Syamsuar didaftarkan Jumat (28/2/2020) sekitar pukul 15:10 WIB oleh tim pemenangan yang diwakili Zulfan Heri. Dan berkas Syamsuar diterima Ketua SC Musda Masnur.

Namun saat pemeriksaan berkas, Masnur menanyakan kepada Zulfan perihal 30 persen dukungan pemegang suara ketika Musda nanti yang belum dilampirkan secara lengkap sesuai Jutlak Golkar nomor 2 di penjaringan. Merespon pertanyaan tersebut, Zulfan menilai seperti penjegalan, karena ia beserta tim akan membuka dukungan secara resmi saat persidangan di Musda nanti. Juga berangkat dari AD/ART sebagai peraturan yang paling kuat dan tertinggi.

Setelah melalui lobi-lobi dan beberapa pertimbangan. Akhirnya berkas pendaftaran dari tim Syamsuar diterima oleh ketua SC.

Kepada para awak media, Masnur selaku Ketua SC menjelaskan menerima berkas pendaftaran tersebut. ''Permintaan tim (Syamsuar) tadi diterima, dan akan diverifikasi. Dan kami akan mengundang tim Syamsuar kembali malam ini sampai Sabtu untuk melengkapi,'' jelasnya.

Mengenai hasil verifikasi terkait berkas pendaftaran para calon, Masnur menjelaskan akan diumumkan esok hari, Sabtu sore.

Untuk persiapan Musda sendiri yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 - 2 Maret 2020.

Sementara itu, usai penyerahan berkas, Andi Rachman mengklaim dirinya sudah mengantongi dukungan 12 dari 18 pemilik suara pada Musda Golkar nanti. "Untuk dukungan, Insya Allah, kami sudah didukung oleh 12 suara dari 18 suara," singkat Andi Rachman. ***