PEKANBARU - Menjelang akhir tahun, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Riau, mengadakan media gathering yang dihadiri oleh wartawan media cetak, televisi dan media online, Selasa (18/12/2018) siang.

Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan pada saat media gathering seperti rappeling turun dari tebing menggunakan tali, Prusiking naik ke atas tebing dengan cara manual dan Ascender naik ke atas tebing dengan menggunakan mesin.

Kepala Basarnas Riau, Gede Dermana mengatakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan tersebut bertujuan agar rekan-rekan media mengerti pada saat ikut serta melakukan evakuasi nantinya.

''Agar teman-teman media merasakan aura bekerja di SAR itu seperti apa sih, tantangannya seperti apa, jika melakukan evakuasi di medan ketinggian salah satu caranya turun tebing ya seperti yang kita peragakan sehingga rekan-rekan media merasakan bahwa itu tidak mudah, diperlukan kesehatan dan keberanian,'' sebut Gede Dermana.

Ia juga berharap melalui pemberitaan, masyarakat dapat mengetahui dan mengerti tugas-tugas daripada Basarnas. ''Kami berharap masyarakat dapat mengetahui tugas pokok dan pelayanan yang kami berikan terhadap masyarakat,'' ungkap Gede Dermana.

Gede Dermana juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada media yang sudah turut serta berpartisipasi dalam kegiatan media gathering ini. ''Saya mewakili Basarnas Pekanbaru mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan media yang berkenaan hadir pada acara media gathering, harapan saya kedepannya kita dapat berjalan dan bekerjasama dengan baik,'' tutup Gede Dermana. ***