BENGKALIS, GORIAU.COM - Anggota DPRD Bengkalis priode 2009-2014 yang tidak terpilih lagi pada Pemilu Legislatif, April 2014 lalu, diminta segera mengembalikan fasilitas yang melekat pada jabatannya karena statusnya hanya pinjam pakai. Kecuali aset negera tersebut telah diputihkan atau dilelang, bisa yang bersangkutan menguasainya.

''Informasi yang kita dapat dari Sekretariat DPRD, baru beberapa anggota dewan priode lalu yang tidak duduk atau tidak terpilih lagi mengembalikan mobil dinas. Kita mendesaklah supaya dikembali karena itu merupakan aset negara dan masih bisa dipergunakan untuk anggota DPRD yang baru,'' ujar Ketua Gempars Kabupaten Bengkalis, Alfachrurrozy alias Agam, Selasa (23/9/2014).

Dipaparkan Agam, tidak etis rasanya seorang yang bukan lagi pejabat negara tapi memakai fasilitas negara. Karena bagaimanapun negara menyediakan fasilitas tersebut untuk menunjang kerja mereka dalam memberikan layanan yang baik kepada masyarakat, bukan untuk kepentingan pribadi.

Dari 40 anggota DPRD Bengkalis priode 2009-2014, yang terpilih kembali untuk 5 tahun ke depan hanya 18 orang saja. Sementara sisanya 28 orang lagi tidak duduk alias tidak terpilih kembali atau terpilih untuk DPRD provinsi. Etikanya, ke-28 orang ini harus mengembalikan fasilitas negara tersebut sehingga bisa dimanfaatkan oleh anggota DPRD yang baru.

''Kita menggugah kesadaran para mantan anggota dewan untuk mengembalikan fasilitas negara seperti mobil dinas. Berikan contoh yang baik kepada masyarakat. Bagian Perlengkapan selaku pihak yang bertanggung jawab terhadap aset daerah juga kita minta untuk mengamakannya,'' ujar Agam yang juga Sekretaris KNPI Bengkalis.

Agam mendesak kepada Bagian Perlengkapan untuk menyurati mantan anggota dewan yang belum mengembalikan mobil dinasnya. Jika setelah disurati tidak juga ada kesadaran untuk mengembalikan,  menurut Agam, bisa dilakukan penarikan secara paksa oleh Satpol PP.

''Kita berharap jangan sampai seperti itulah. Kita yakin mantan anggota dewan akan mengembalikan mobil dinas secara baik-baik,'' ujar Agam.

Untuk anggota DPRD Bengkalis priode 2009-2014, Pemkab melalui Bagian Perlengkapan meminjamkan pakaikan mobi dinas jenis Kijang Innova untuk anggota. Kemudian  untuk wakil ketua mobil dinas Toyota Fortuner dan Ketua DPRD Toyota Harier yang pengadaannya melalui Sekretariat Dewan.(jfk)